Lakukan Kegiatan Positif Agar Otak Selalu Fresh

0 19

 

Dradioqu.com – Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat luas, Siloam Hospitals berikan edukasi kesehatan seputar otak.

“Kami melakukan film edukasi kesehatan seperti ini dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih memahami dengan mudah apa yang kami sampaikan, karena merasa lebih fun dan menarik,” kata Prof, Dr, dr. Eka J Wahjoe Pramono Sp.Bs, Ph.D, di Siloam Hospitals Lippo Village Tangerang.

Dr Eka yang juga inisiator film edukasi kesehatan itu menceritakan, edukasi yang diinisiasinya itu telah digelar beberapa waktu lalu di Cinemaxx Plaza Semanggi, Jakarta.

“Ratusan orang pada kegiatan edukasi waktu itu, yang terdiri dari dokter, pasien dan juga masyarakat awam yang dilengkapi kacamata 3D memenuhi ruang bioskop itu untuk menonton para dokter Siloam lakukan pembedahan terhadap otak manusia,” beber Eka dihadapan media.

Penyajian film dalam bentuk gambar tiga dimensi (3D), proses pembedahan tampak nyata dihadapan mata yang membuat tegang sebagian besar peserta edukasi.

Bahkan tidak sedikit diantara mereka terkagum-kagum melihat keberhasilan para dokter Siloam dalam proses operasi dan pasien dinyatakan sembuh.

Tak sekedar menonton, para peserta edukasi juga diberi kesempatan untuk bertanya seputar masalah otak kepada para narasumber.

“Edukasi jika dilakukan dengan suara efektifnya hanya 20 persen, tetapi dengan cara seperti ini, yakni dengan memadukan antara suara dan mata maka tingkat penangkapan manusia menjadi 80 persen,” kta salah satu dokter spesialis otak di Siloam Lippo Village Tangerang ini.

Eka juga menjelaskan, bahwa metode itu telah diterapkannya pada kuliah terbuka yang diikuti 800 mahasiswa kedokteran di Indonesia.

“Sebelumnya, kami juga telah lakukan edukasi sejenis pada saat kami menggelar edukasi kesehatan di Khazaztan, dan Spanyol,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Eka juga mengingatkan agar selalu waspada terhadap gejala penyakit pada otak dan menekankan pola hidup sehat.

Kata Eka, otak manusia selalu di develop. Yakni dengan melakukan aktifitas positif seperti olahraga, bercocok tanam, membaca dan kegiatan lainnya.

Hal ini dilakukan agar otak dapat terus menghasilkan hormone endorphin atau minyak yang berfungsi membuat otak selalu fresh.

“Jalau otak fresh, maka otak tidak akan cepat mengalami pikun dan seseorang dapat selalu merasa senang dan bahagia,” pungkasnya. ()

Leave A Reply

Your email address will not be published.