Kim memberikan sepasang anjing pemburu Korea jenis Pungsan

0 54

DRADIOQU.COM – Anjing adalah hewan peliharaan yang identik dengan kesetiaan dan kesetiakawanan. Hal ini nampaknya menjadi simbol atau tanda yang ingin ditunjukkan Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, saat memberi sepasang anjing kepada Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in.

Kim memberikan sepasang anjing pemburu Korea jenis Pungsan, sebagai hadiah kepada Moon, setelah pertemuan keduanya di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Korsel-Korut, di Pyongyang, awal September 2018.

Dalam pernyataan yang disampaikan Kantor Kepresidenan Korsel, Senin (1/9), disebutkan bahwa kedua anjing tersebut adalah sepasang anjing betina dan jantan yang berusia satu tahun. Kedua anjing ini diserahkan melalui desa Panmunjom bersama dengan 3 kilogram makanan selama masa adaptasi mereka.

“Cheong Wa Dae (Istana Kepresidenan Korsel) diberikan sepasang anjing Pungsan dari Korea Utara sebagai hadiah KTT dua korea,” bunyi pernyataan tersebut.

Anjing Pungsan terkenal dengan kesetiaan dan kepintarannya. Anjing ini biasa dijadikan anjing pemburu yang merupakan salah satu harta nasional Korut. Sepasang anjing itu akan tinggal di kantor kepresidenan bersama Moon.

Selama ini Moon dikenal sebagai penyayang binatang. Dirinya memiliki anjing Pungsan bernama Maru, sepasang kucing dari tempat penampungan bernama Jjing-Jjing dan Tory, dan seekor anjing hitam yang diadopsi.

Pemberian Anjing Pungsan sebagai hadiah bukan baru pertama kali dilakukan Korut kepada Korsel.

Pada 2000, mantan Presiden Korea Selatan, Kim Dae Jung menerima sepasang anak Pungsan setelah pertemuan puncaknya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il di Pyongyang.

Anjing-anjing itu dipelihara di Seoul Grand Park dan keduanya meninggal pada 2013 setelah melahirkan 21 anak anjing.

Sejumlah pengamat menilai, Kim ingin meneruskan tradisi ayahnya, dengan memberikan sepasang anjing Pungsan sebagai tanda kesetiaan dan persahabatan bagi pemimpin Korsel. Hadiah tersebut, diharapkan akan mempererat komitmen kedua negara untuk menciptakan perdamaian di Semenanjung Korea.

Dalam KTT Korsel-Korut pada awal September 2018, Kim dan Moon sepakat untuk menciptakan perdamaian di Semenanjung Korea tanpa kekuatan militer dan nuklir. Keduanya juga menyepakati perjanjian kerja sama ekonomi, dan mengumumkan akan menawarkan diri untuk bersama-sama menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.SP

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.