Keracunan makanan bisa disebabkan saat kamu mengonsumsi makanan yang tak sehat dan tidak terjamin kebersihannya

0 33

DRADIOQU.COM – Keracunan makanan bisa disebabkan saat kamu mengonsumsi makanan yang tak sehat dan tidak terjamin kebersihannya. Biasanya makanan yang menyebabkan keracunan karena diolah dengan tidak baik, lewat batas kedaluwarsa, sampai makanan yang tidak dihangatkan lagi.

Ciri-ciri makanan yang tidak layak konsumsi adalah rasa makanannya yang sudah berubah, mengeluarkan bau tak sedap, sampai tumbuh jamur. Biasanya orang-orang akan jarang menyadari hal tersebut karena tidak menyadarinya karena makanan sudah dimodifikasi sedemikian mungkin. Seperti yang dilansir dari Klikdokter, biasanya korban keracunan akan merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menjaga diri dan keluarga dengan cara berikut ini.

  1. Sebelum menyantap makanan, selain pastikan tangan dan peralatan masak selalu bersih.
  2. Pisahkan makanan mentah dan makanan matang saat menyimpan makanan, hal ini untuk menghindari makanan terkontaminasi dengan bakteri dan virus.
  3. Hal ini yang paling sering diremehkan, selalu cek kematangan makanan. Selalu pastikan makanan bisa matang dengan merata.
  4. Saat ingin menyimpan makanan janganlah terlalu lama pada suhu ruangan. Segera simpan makanan di kulkas dalam suhu di bawah 5 derajat celcius. Biasanya makanan yang disimpan dalam suhu dingin akan bertahan hingga 2 hari.
  5. Selalu pisahkan produk daging dari makanan lainnya. Kamu bisa menyimpan daging dalam wadah kedap udara di bagian terbawah freezer.

Nah, jika kamu sudah paham dengan beberapa langkah tersebut, pastinya kamu bisa lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Jika kamu merasa suatu bahan makanan yang sudah berbau dan sudah tak layak sebaiknya memang segera dibuang untuk menghindari keracunan makanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.