KEMENHUB KERAHKAN 4 KAPAL PATROLI KAWAL OBOR API ASIAN GAMES KE PULAU UNTUNG JAWA

0 43

 

DRADIOQU.COM – Kementerian Perhubungan , Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Tanjung Priok mengerahkan 4 (empat) kapal patroli untuk mengawal obor api Asian Games ke 18 menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu pada pagi tadi (17/8) pukul 06.30 WIB.

Pengawalan tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 sekaligus mendukung dan menyukseskan pentas olahraga dunia, Asian Games yang ke 18.

“Tadi pagi empat kapal patroli dari Pangkalan PLP Tanjung Priok mengawal api obor Asian Games yang dibawa dengan kapal Baracuda dari Dermaga Marina Jakarta menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu,” ujar Kepala Seksi Operasi Pangkalan PLP Kelas 1 Tanjung Priok, Capt. Pujo Kurnianto.

Adapun keempat kapal patroli Pangkalan PLP Tanjung Priok tersebur adalah kapal KN Pedang/P.208, KN. Celurit/P.203, KN. Belati/P.205, dan KNP.348.

Menurut Capt. Pujo, Kapal patroli P. 208 dan P.205 terlebih dahulu memonitor dan secara estafet dilanjutkan oleh kapal P.203 dan P.348 hingga tiba di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Pelaksanaan pawai obor (torch relay) Asian Games 2018, Jakarta-Palembang yang berlangsung tadi pagi di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu menjadi sejarah tersendiri bagi warga di Kepulauan Seribu.

Obor api Asian Games itu diarak berkeliling Pulau Untung Jawa yang dibawa oleh pelari dari berbagai komponen, mulai dari tokoh masyarakat setempat maupun pemuda pemudi yang berprestasi di bidangnya ikut membawa lari obor api Asian Games 2018 tersebut.

Setelah dibawa berkeliling pulau Untung Jawa, obor api Asian Games akan langsung dibawa kembali ke daratan Jakarta untuk selanjutnya akan dipersiapkan dalam pembukaan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan pada esok hari (18/8).

Setelah tiba dan melaksanakan rangkaian kegiatan di Pulau Untung Jawa, kapal Baracuda kembali ke Dermaga Marina Ancol dengan tetap dikawal oleh kapal-kapal Pangkalan PLP Tanjung Priok tersebut.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan peresmian Asian Games dan kami bangga dapat turut mendukung penuh perhelatan akbar ini dengan mengawal obor api Asian Games pergi dan kembali dari Pulau Untung Jawa,” urai Capt. Pujo.

Pelayaran yang dimulai sejak sekitar pukul 06.30 WIB tadi cuaca dilaporkan dalam kondisi cerah dan gelombang ombak normal.

“Obor tersebut dihadirkan lagi setelah terakhir kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Jadi tadi, hari yang bersejarah buat kita semua. Selain HUT Kemerdekaan RI ke-73, ada juga peristiwa sejarah besar yakni pawai obor api Asian Games,” tutup Capt. Pujo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.