KEMENDAGRI RI APRESIASI LANGKAH KESBANGPOL KAB TANGERANG MENGELAR ACARA SOSIALISASI PERANAN WANITA DALAM MENINGKATKAN KEHIDUPAN POLITIK YANG DEMOKRATIS 2018 – 2019

0 66

DRADIOQU.COM – Bidik kamera Diva media dradioqu.com.Tigaraksa.” Sosialisasi yang di gelar KESBANGPOL kabupaten tangerang jum’at 12/10/2018 dengan mengangkat tema.” Pentingnya peranan wanita dalam peningkatan kehidupan politik yang demokratis.Dengan menghadirkan narasumber, Kasubdit fasilitasi pendidikan etika dan budaya politik direktorat poldagri ditjen polpum KEMENDAGRI RI. CAHYO ARIAWAN. A. Pi MM dari dinas provinsi banten, Dr. NURHAYATI SOLAPARI SH.MH bawaslu provinsi banten. ITA RUYATI kabid wasnas provinsi banten

Wawancara khusus dengan KEMENDAGRI RI. CAHYO ARIAWAN. A. Pi MM.”Mengtakan pada awak media, Kata Cahyo sesuai dengan regulasi di harapkan alternatif aktion keterwakilan perempuan 30% bisa terpenuhi, termasuk dari regulasi undang – undang partai politik dan pemilu. Undang – undang partai politik mengamanatkan 30% kepengurusan itu harus perempuan, begitu juga caleg 30% harus dari perempuan.

“Yang kita dorong supaya pemilu mendatang alfermatif yang sudah di berikan dalam perundang – undangan bisa terpenuhi. Fakta yang terjadi di 2014 yang menggunakan hak pilih kebanyakan perempuan dari pada laki – laki. Tapi yang terpilih kebanyakan laki laki yang tadi 30% hanya 17% saja.

“Ini yang harus kita keritisi apa sih yang terjadi apakah ini kultur ataukah memang kebiasaan yang selama ini, bahwa peran perempuan kurang maksimal seperti laki – laki.

Padahal sosialisasi kami terus terusan hanya kadang kadang keterbatasan gerak langkahnya perempuan, kendalanya di situ…karna yang selama ini yang tampil di pabrik kebanyakan laki laki perempuan sangat terbatas. Perempuan jarang menyampaikan terkait visi misinya itu apa..? Hanya Terkadang juga partai politik ada yang belum siap terkait untuk pemenuhan 30% perwakilan kuota perempuanya.

“Maka memang, bukan dari kader perempuan yang di ambil. Tetapi dari kader yang lain, ini yang harus kita dudukan bersama, bagaimana kita menjalin kemitraan lintas organisasi perempuan mumpung masih ada waktu mensosialisasikan termasuk kita dengan kementrian pemberdayaan perempuan melakukan bimbingan teknis untuk bagai mana mereka bisa axis.atau mereka bisa menyampaikan visi misi progrmanya. Karena kalau tidak ada bimbingan teknis caleg perempuan itu susah untuk tercapai kuota 30% itu sendiri

Caleg perempuan di tahun ini banyak apakah akan jadi peranan juga untuk tercapainya keterwakilan 30% kuota perempuan ?.. Kata Cahyo itu pasti secara otomatis kalau perempuan mau benar benar membawa visi – misi program yang sudah ada, untuk perwakilan perempuan dan mewakili asfirasi perempuan sesuai kontruksinya. Faktanya jarang juga laki laki menyampaikan bawa aspirasi program perempuan karna laki-laki tidak mengerti keadaan kondisi perempuan.

Tapi kalau kalau perempuan dengan gerak langkahnya pasti begitu mau kepilih dia akan memberikan peluang bagi perempuan yang lainya.. harapan kami KEMENDAGRI kerja sama dengan kesbangpol melakukan gerakan atau gencaran melakukan upaya untuk penfidikan politik bagi perempuan itu bisa terpenuhi minimal 30% maksimalnya lebih dari itu kuota perempuan jangan hanya admiristrasi saja tapi perlu dorongan juga.Ujar Cahyo

Kemendagri mengapresiasi betul langkah kesbangpol kabupaten tangerang sudah mengadakan soalisasi terkait dengan perempuan. Yang kedua peran perempuan sangatlah penting bagi pemilu 2019, selanjutnya perempuan harus bisa jadi motor penggerak. Terutama scen lahirnya keluarga untuk mendorong minimal di lingkunganya untuk perubahan.

Di tambahkan oleh TITA RUYATI kabid wasnas provinsi banten saya juga ikut mengapresiasi peran wanita karna sudah harga mati keterwakilan perempuan baik itu di partai politik ataupun pemilu legislatif, intinya kita mensuport terkait dengan pemilu, karna tingkat partipasi kaum wanita di provinsi banten umumnya di kabupaten tangerang alhamdulillah sudah naik atau meningkat. Karna memang kesbangpol kabupaten tangerang dan provinsi selalu memberikan sasialisasi dan memberikan.

selalu memberikan sasialisasi dan memberikan soalisasi dan memberikan informasi terhadap masyarakat khususnya pada perempuan, itu pasti sudah naik. Soalisasi peranan wanita di bilang sudah tepat, kalau tidak gak mungkin. Indek demokrasi kita bisa naik, sosialisasi yang di gelar kesbangpol kabapaten tangerang, mungkin juga target kita karna keterbatasan anggaran, jadi kita berkordinasi dengan kabupaten dan kota sehingga mana kewenangan kabupaten/kota yang punya wilayah.

Poin acara hari ini para peserta sangat sekali dengan pemahaman 30% kuota keterwakilan perempuan untuk mensukseskan terkait dengan pemilu legislatif dan pilpres 2019 yang penting perempuan jang berpolitik, kata ita pesan saya mudah mudahan di kabupaten tangerang tingkat partisipasi masyarakat bagi perempuan keterwakilan dan saya yakin perempuan di provinsi banten khususnya di kabupaten tangerang punya potensi. Pungkas TITA RUYATI KABID WASNAS PROVINSI BANTEN_ Antari editing dipta

Leave A Reply

Your email address will not be published.