Kegagalan Barcelona di perempat final Liga Champions musim lalu rupanya masih membekas di hati para pemain, terutama dua pemain bintang

0 31

DRADIOQU.COM – Kegagalan Barcelona di perempat final Liga Champions musim lalu rupanya masih membekas di hati para pemain, terutama dua pemain bintang mereka, Lionel Messi dan Luis Suarez, serta pelatih klub itu, Ernesto Valverde. Salah satu kesalahan yang dilakukan Barcelona adalah tidak melakukan rotasi pemain secara tepat.

Ketika itu, Barcelona sudah menang 4-1 pada leg pertama di Camp Nou, tetapi mereka disikat 3-0 di Olimpico pada leg kedua. Secara agregat kedua tim bermain imbang 4-4, tetapi Roma berhak lolos ke babak semifinal karena unggul gol tandang.

Sebagaimana diberitakan Marca.com, Lionel Messi menilai, kekalahan 0-3 dari AS Roma di Olimpco menjadi pengalaman terkelam dalam kariernya di ajang Liga Champions. Sementara, Luis Suarez menyesal karena memilih bermain melawan Leganes di La Liga tiga hari sebelum melawan AS Roma. Akibatnya, ia kehabisan tenaga saat melawan Roma. Padahal laga itu butuh ketahanan fisik yang prima.

Karena itu, baik Messi, Suarez maupun Ernesto Valverde mengaku harus memetik pelajaran dari kejadian mengenaskan tersebut. Salah satu pelajaran paling penting adalah bahwa perlunya rotasi pemain.

Suarez mengaku, seharusnya ia tidak bermain melawan Leganes di La Liga supaya bisa dalam kondisi 100% saat melawan AS Roma. Hanya saja, ia menyesalkan juga sikap Valverde yang tidak mengistirahatkannya sebelum laga melawan Roma.

Kesalahan dalam mengambil keputusan seperti ini tidak boleh terjadi laga pada musim ini. Semua pemain harus diberi kesempatan untuk mendapat kesempatan bermain. Dan, rotasi itu harus dilakukan sejak awal musim, sehingga pada Maret tahun depan, Barcelona tidak kehilangan tenaga saat memasuki fase-fase penting di setiap kompetisi yang diikuti.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.