Kapolres kepulauan Selayar Jadi Inspektur Upacara Ziarah Pimpin Renungan Suci Diatas Pusara Pahlawan.

0 17

Dradioqu. Com – Upacara tabur bunga yang dirangkaikan dengan pelaksanaan malam renungan suci digelar di kawasan Taman Makam Pahlawan (TMP) Barugaia, Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, pada sekitar 23.52 Wita, hari Kamis, (17/08) dini hari.

Rangkaian upacara tabur bunga, disertai kegiatan ziarah, dan renungan suci digelar di TMP. Barugaia dengan menampilkan Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, SIK, selaku Inspektur upacara.

Prosesi tabur bunga, ziarah, dan renungan suci diawali dengan pengisian buku tamu, pemadaman lampu disertai pembakaran obor induk dan lilin di atas pusara pahlawan oleh anggota pramuka yang disusul acara ziarah tabur bunga dan peletakan karangan bunga di atas tugu TMP.

Pelaksanaan prosesi tabur bunga, ziarah, dan renungan suci dihadiri Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, SH., MH, Ketua DPRD Kepulauan Selayar, Drs. Mappatunru, Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si, bersama segenap jajaran Asisten, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Kepulauan Selayar.

Acara tabur bunga, ziarah, dan renungan suci yang digelar dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun, turut dihadiri oleh segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang terdiri dari Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Cumondo Trisno, SH, Ketua Pengadilan Negeri Kepulauan Selayar, Rober Ingkiriwang, SH, dan Dandim 1415/Selayar yang diwakili oleh Kasdim 1415/Selayar, Mayor Inf. Junaid.

Selain dihadiri oleh kalangan pejabat daerah dan anggota Forkopimda, rangkaian upacara tabur bunga juga turut melibatkan peserta dari unsur perwira Polres, dan Kodim 1415/Selayar, serta barisan pasukan masing-masing yang terdiri atas satu SST personil Kepolisian, satu SST Pasukan Kodim 1415/Selayar, satu SST, personil Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, satu SST barisan Korpri.
Bertindak selaku Inspektur upacara, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, S.IK yang tampil membacakan apel kehormatan dan renungan suci menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas segala bentuk keikhlasan dan kesucian perjuangan para arwah pahlawan yang terdiri dari sembilan orang angkatan bersenjata dan tujuh belas orang pejuang rakyat.

Penghoratan disampaikan Kapolres kepulauan Selayar, bersama segenap komponen peserta upacara atas dedikasi, pengabdian, serta perjuangan sembilan orang angkatan bersenjata, bersama ke tujuh belas orang pejuang rakyat yang dengan segala daya dan upaya telah memperjuangkan kebahagiaan negara dan Bangsa Indonesia.

Atas perjuangan tersebut, Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, SIK, bersama segenap komponen peserta upacara, berjanji untuk mewarisi nilai-nilai perjuangan dan jalan kebaktian arwah para pahlawan. Karena perjuangan pahlawan, merupakan perjuangan seluruh generasi anak bangsa.

Lebih jauh, Syamsu Ridwan menekankan, bahwa jalan kebaktian yang telah dilalui oleh para pahlawan dalam masa perjuangannya sedapat mungkin diwarisi oleh generasi anak bangsa dalam mengisi dan meneruskan perjuangan kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pahlawan.

Menutup rangkaian apel kehormatan dan renungan suci yang dibacakannya, AKBP. Syamsu Ridwan, SIK, memimpin segenap peserta upacara untuk bersama-sama mendoakan semoga arwah para pahlawan dapat diberikan tempat yang layak dan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapat imbalan pahala berlipat ganda.

(fadly syarif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.