Joseph R Donovan, mendukung visi Presiden RI Joko Widodo

0 24

DRADIOQU.COM – Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan, mendukung visi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), terkait “win-win solution” untuk perpanjangan izin investasi Freeport Indonesia.

Menurut dia, Freeport telah berkontribusi Rp 23 triliun dalam bentuk dana pembangunan masyarakat tahun 1992-2017. Jumlah itu adalah tambahan dana Rp 256 triliun yang dibayarkan ke Pemerintah Indonesia dalam kurun sama berbentuk pajak, royalti, dan dividen.

“Saya mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo mengenai hasil yang saling mengungtungkan terkait negosiasi perpanjangan izin operasi Freeport Indonesia,” kata Donovan, dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) investasi sekaligus peluncuran laporan Kamar Dagang AS dan AmCham Indonesia, di Jakarta, Kamis (27/9).

Menurut dia, Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi telah menunjukkan catatan kesuksesan dalam pembangunan dan investasi, meskipun masih banyak hal yang harus dikerjakan. Hal itu, diakuinya telah menarik minat perusahaan-perusahaan AS untuk membuka jaringan investasi di Indonesia.

Donovan mencontohkan Google melatih 100.000 orang Indonesia untuk membuat aplikasi berbasis Android. Hal sama juga dilakukan Facebook Indonesia yang baru saja meluncurkan “Laju Digital”, yaitu program yang bertujuan memberikan pelatihan literasi digital untuk pengusaha kecil dan menengah, pemerintah daerah, pelajar, dan komunitas di 15 kota termasuk di Indonesia Timur.

“Investasi perusahaan-perusahaan AS di Indonesia juga mendatangkan teknologi baru,” katanya.

Menurut Donovan, penggerak terbaik untuk mendatangkan investor baru ke Indonesia adalah investor dan bisnis yang sudah ada di sini.

“Namun, ketika pemain lama di pasar meninggalkan sebuah negara karena ada perubahan yang dirasakan sehubungan peraturan atau kontrak, atau perlakuan tidak adil oleh mitra pemerintah, ini merupakan peringatan bagi investor untuk berpikir hati-hati sebelum memasuki pasar,” ujar Donovan.

Sementara itu, dalam pidato kuncinya saat pembukaan KTTtersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengatakan Indonesia memiliki pertumbuhan kelas menengah dan populasi muda sehingga menjadi tempat yang tepat untuk investasi AS.SP

Leave A Reply

Your email address will not be published.