JAJARAN KOLINLAMIL TAMBAH WAWASAN TENTANG KESEHATAN DAN BPJS

0 38

DRADIOQU.COM – Jakarta, 27 September 2018,Penyakit jantung dan hipertensi adalah salah satu penyakit yang cukup tinggi populasinya di Indonesia. Dan juga merupakan penyakit yang banyak menyebabkan kematian secara mendadak. Demikian dikatakan Kolonel Laut (K/W) dr. Inez Ariadne Siregar, Sp. JP dalam ceramah kesehatannya kepada prajurit Kolinlamil yang memenuhi ruangan Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (27/9).

Ceramah kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Kolinlamil ini merupakan program kerja triwulan III tahun 2018 sekaligus sebagai program promosi kesehatan bagi jajaran Kolinlamil.

Selain ceramah kesehatan, juga didatangkan pula pihak BPJS Jakarta Utara untuk menyampaikan mekanisme dan prosedur pelayanan BPJS kesehatan di rumah sakit yang akan memberikan pencerahan bagi prajurit Kolinlamil dan keluarganya.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) ini berlangsung dengan interaktif dengan komunikatif, karena para prajurit yang hadir antusias untuk menyampaikan pertanyaan seputar penyakit jantung dan hipertensi serta masalah BPJS.

Dalam sambutannya, Kaskolinlamil yang mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya ceramah kesehatan yang bertujuan untuk membuka wawasan prajurit tentang bahaya hipertensi dan penyakit jantung coroner serta mekanisme pelayanan BPJS kesehatan.

“Ceramah kesehatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan personel Kolinlamil. Karena kesehatan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi prajurit dalam melaksanakan aktifitas keseharian” jelas Kaskolinlamil.

Sementara itu pihak BPJS Jakarta Utara yang diwakili dr. Ayu Kusuma Wardani beserta tim memberikan informasi tentang program BPJS agar seluruh prajurit Kolinlamil mengetahui dan memahami tentang program jaminan sosial yang diluncurkan dan diaktifkan pemerintah sejak tanggal 1 Januari 2014.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan Kantor Cabang Jakarta Utara ini memberikan penjelasan secara detail prosedur mendapatkan kartu BPJS secara teknis tentang bagaimana cara-cara pemakaian, dan cara-cara pelayanan program BPJS ini.

Dijelaskannya bahwa program BPJS tersebut nantinya diperuntukkan kepada prajurit maupun PNS dan keluarga dalam pelayanan kesehatan yang bisa dipergunakan di setiap wilayah jika sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan. Untuk itu, perlunya tertib administrasi dalam melengkapi persyaratan atau data awal kepada seluruh prajurit dan PNS yang akan dipergunakan dalam pengisian data dalam membuat kartu BPJS, sehingga di lain hari tidak akan kesulitan jika sewaktu-waktu memerlukan pelayanan BPJS tersebut.

Lebih lanjut dikatakan dari adanya penyuluhan tentang BPJS ini, maka diharapkan para prajurit mengetahui secara jelas dan mengerti tentang BPJS sehingga tidak perlu risau dan khawatir ketika sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan jika pergi dinas yang cukup lama sehingga keluarga dari prajurit dapat menerima pelayanan kesehatan dengan BPJS.

Ceramah tentang BPJS ini juga merupakan tindaklanjut sesuai dengan arahan dan penekanan dari Panglima Kolinlamil terhadap pentingnya pemahaman oleh prajurit maupun PNS tentang pelaksanaan BPJS. (Dispen Kolinlamil)

Leave A Reply

Your email address will not be published.