IDUL ADHA : Tradisi Menyembelih Hewan Kurban Umumnya, Ba’da Sholat Ied.

0 45

Dradioqu.com – Tradisi Umat muslim pada Hari Raya Idul adha Umumnya Ba’da sholat ied, diisi dengan penyembelihan hewan Kurban lalu dibagikan dagingnya kepada masyarakat.

Biasanya Orang yang akan berpartisipasi Untuk berkorban, Menyerahkan Hewan kurbannya kepada Panitia pelaksana kegiatan Kurban Idhul Adha.

Adapun panitia kurban, dipercayakan kepada Tokoh Ulama dimasjid, musholah,majlis ta’lim atau pun tokoh masyarakat, panitia tingkat RT/RW, Yang dibentuk disetiap daerah maupun lingkungan.

Hewan yang telah disembelih disesel daging serta seluruh bagiannya, diatur secara merata lalu dibagikan.

Seperti yang dilaksanakan dikampung bulak Jaro Adung (Kamboja) kelurahan Sepatan kecamatan Sepatan kabupaten Tangerang, Rabu (22/8/18).

” Pada Idul adha (idul Kurban) tahun ini Alhamdulillah, Warga yang Mempercayakan Pemotongan hewan kurban kepada kami, Cukup banyak ” kata Hasan seorang panitia kurban babulak Kamboja.

Panitia kurban mengemas daging kedalam kantong plastik mendatangi Rumah Warga dan membagikan daging yang sudah dikemas.

” Selesai hewan yang disembelih itu dipotong – potong dagingnya setelah rapih, dikemas pada kantong – kantong plastik kami (panitia kurban) langsung membagikan daging secara merata ” jelasnya.

Ada juga Warga yang memotong hewan Kurbannya sendiri tidak melalui Panitia Pelaksana Kurban.

” Belum lagi ada juga Warga yang Menyembelih sendiri hewan kurbannya,.!!! ya pokoknya, tahun ini kami bersyukur partisipasi/dan kesadaran Warga Untuk berkurban Cukup Besar ” pungkasnya.

(SPN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.