GK peduli hutan kaya, Lingkungan terjaga, rakyat sejahtera

0 44

Dradioqu.com – Hutan dan Lingkungan Hidup meupakan kekayaan Hayati Indonesia Yang telah sejak Dahulu kala menjadi penyangga kehidupan masyarakat.Pemanfaatan areal hutan oleh warga di sekitarnya merupakan konsekwensi dan realita dari upaya warga memenuhi kebutuhan hidupnya. Makin bertambah jumlah warga, tak elak menambah luas wilayah pemanfaatan hutan .
Pemerinahan Republik Indonesia di Bawah kepemimpinan Presiden Jokowi memandang hal ini sebagai potensi ekonomi dengan memperdayakan masyarakat sekitar hutan dengan prinsip pada keseimbangan antara pelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat di Sekitar Hutan.

Diluar Masalah hutan, di masyaakat perkotaan , salah satu problema utama mengenai sampah. Bahkan mengenai Persoalan sampah bukan sebagai pokok perasalahan utama domesik Indonesia saja, tetapi hal ini sudah menjadi kekhawatiran dan ketakutan masyarakat global dan dunia International.

Isu sampah plastik yang masuk keperairan dan laut ( marine plastic liter danmicroplastic ) menjadi penyebab utamanya.Ancaman kerusakan dan kepunahan ekosistemperairan dan laut serta berdampak secara langsung terhadap kesehatan manusia ( human health ).

Menyikapi hal tersebut diatas GK foundation Bekerjasama dengan kantor kementerian lingkungan hidup dan kehutanan ( Klhk ) mengadakan acara rawatan negeri dengan mengambil tema Hutan kaya, lingkungan terjaga, rakyat sejahtera yang diselenggarakan pada hari sabtu.6 Oktober 2018 diarea arboretum, kantor kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Maka berkaitan hal tersebut pemerintah Indonesia telah menerbitkan peraturan presiden no.97 tahu 2017 tentang kebijakan dan strategi Nasional pengelolaan sampah ( Jakstranas).

Jakstranas menargetkan pengelolaan sampah 100 persen pada tahun 2025 dengan pengurangan sampah 30 Pers en dan penanganan sampah 70 persen.

Pada kesempatan yang sama ketua umum Gk foundation dalam talkshownya Kelik Wirawan wahyu Widodo mengatakan bahwa fungsi sampah plastik dapat diolah kembali dan generasi penerus juga jangan sembarang membuang sampahnya karena pemerintah saat ini sudah membuat program bank sampah.

Acara membuka wawasan masyarakat terhadap kepedulian terhadap pembuangan sampah ini mengundang para narasumber diantara nya Rosa V.retnawati SH, M.Sc.,Dirjen pembuangan sampah limbah B3
,Dr.Ir.Bambang Supriyanto M.Sc,Dirjen perhutanan sosial dan kemitraan lingkungan Parjan, inisiator ekowisata Kalibiru Kulon Progo, penyanyi dan pemerhati lingkungan hidup Sandy Canester serta ketua umum GK foundation bapak Kelik wirawan Wahyu Widodo dan dipandu oleh moderator premita fifi selaku founder KiperIndonesia.com ,acara ditutup dengan deklarasi Galang komunitas hijau Indonesia.dpw

Leave A Reply

Your email address will not be published.