Gempa Literasi Gol A Gong Di Bulan Oktober

0 30

DRADIOQU.COM – BANTEN,Penulis sastra multitalenta, Gol A Gong merilis jadual padat agenda Gempa Literasinya bulan Oktober 2018 ini. Backpacker traveller bernama asli Heri Hendrayana Harris ini konsisten menggaungkan gerakan literasi nasional, termasuk di kalangan pelajar, kaum ibu, blogger, dan generasi milenial.

Seperti tak pernah kehabisan inspirasi menulis melalui tur literasinya ke berbagai penjuru dunia dan Tanah Air, debut bakti literasi Oktober ayah tiga anak –Natasha Azka Nursyamsa, Nabila Nurkhalisah, dan Gabriel Firmansyah ini diawali dari Banten.

Rabu (3/10/2018) kemarin, pria kelahiran Purwakarta, 15 Agustus, 55 tahun lalu itu mengisi materi kegiatan Gempa Literasi: Goes to School, di MTs Negeri Ciruas, Kabupaten Serang, Banten.

Dibuka dengan tiga aksi musikalisasi puisi oleh Paduraksa, Gol A Gong yang mengisi materi seputar Writing Motivation, dilanjut Duta Baca Provinsi Banten Rahmat Heldy Hs. memberikan pelatihan menulis novel. Tak luput, Rg. Kedung Kaban berbagi pengalamannya di film Jawara.

“Alhamdulillah, kegiatan Gempa Literasi bulan Oktober dimulai di MTs Negeri Ciruas, Serang, ini berjalan sukses,” kata pendiri Rumah Dunia ini membenarkan, dikonfirmasi melalui WhatsApp, Kamis (4/10/2018).

Acara mulai pukul 08.30 WIB itu memukau sekitar 500-an pelajar madrasah yang hadir. Sekaligus, membuka cakrawala budaya baca tulis, juga menambah wawasan mereka tentang arti penting membaca dan menulis sebagai sebuah aktivitas produktif.

Kepada redaksi, Gong mengatakan, di sisa akhir tahun, agenda Gempa Literasinya sudah full-booked hingga jelang pergantian tahun.

“Untuk Oktober sampai Desember 2018 sudah terisi. Saya menawarkan Gempa Literasi “Goes to School” untuk 2019. Saya tak lagi sendiri, tapi bersama Rahmat Heldy Hs. sebagai Duta Baca Banten 2018,” terang Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat Indonesia itu.

Setelah kemarin di Ciruas, Serang, Jum’at (5/10/2018) esok dia akan mengisi kegiatan Literasi Keluarga, yang ditaja Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, di Bogor, Jawa Barat, hingga berakhir 7 Oktober.

Selanjutnya, berturut-turut, hadir mengisi materi kegiatan Menulis Fiksi, di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Tanjung Pinang, Bangka Belitung, 13-15 Oktober. Gong lanjut Travel Writing, Singapura, Gong Traveling, 16-17 Oktober.

Jeda sehari, dari Singapura Gong langsung mengisi kegiatan Menulis Esai di Taman Baca Mandiri (TBM) Sakila Kerti, Tegal, Jawa Tengah, 19-21 Oktober. Lusanya, kegiatan bertema senada di SMA Negeri Cempaka, Purwakarta, Jawa Barat, 23-25 Oktober.

Menutup agenda, 27-31 Oktober, Gong juga partisipan Festival Literasi Anak Berkebutuhan Khusus, gelaran Kemdikbud, di Serpong, Bogor, Jawa Barat.

Untuk 2019, suami Tias Tatanka ini membuka diri, jika ada pemda, komunitas, sekolah, atau kampus yang ingin mengundangnya. “Silakan kontak manajer kami di 081911196220,” pungkas penulis Balada Si Roy ini. [red/mzl]

Leave A Reply

Your email address will not be published.