Gempa Kembali Mengguncang Lombok NTB

0 7

DRADIOQU.COM  – Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali diguncang gempa bumi berkekuatan 3,3 Skala Richter, Rabu pukul 04.36 WITA, dan tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,84 derajat lintang selatan dan 118,31 derajat bujur timur.

“Gempa bumi tersebut terjadi di darat pada jarak 16 kilometer tenggara Kabupaten Lombok Tengah pada kedalaman 11 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto.

Ia mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme sumbernya, maka gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” ucap Agus.

Guncangan gempa bumi, lanjut Agus, dilaporkan telah dirasakan di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, dan Kecamatan Belanting di Kabupaten Lombok Timur. Guncangan gempa di kedua kecamatan tersebut mencapai skala intensitas I skala intensitas gempa (SIG) BMKG, atau II “modified mercalli intensity” (MMI).

Hingga pukul 06.30 WITA, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Kami mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Agus.

Sebelumnya terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR) mengguncang Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, NTB, Minggu (29/7), pukul 06.47 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB menerima laporan sementara sebanyak 17 orang meninggal dunia, termasuk di antaranya satu warga Malaysia, dan satu warga Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain korban meninggal dunia, gempa bumi tersebut juga menyebabkan ratusan orang mengalami luka berat dan ringan. Seluruhnya tersebar di Kecamatan Sambelia, dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, serta di Kabupaten Lombok Utara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.