Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ford dan Volkswagen mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan bersama

0 123
polri 73

DRADIOQU.COM – Ford dan Volkswagen mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan bersama, Selasa (15/1).

Dua produsen mobil itu mengatakan telah menandatangani kesepakatan untuk mengembangkan mobil van niaga dan pickup ukuran menengah pada 2022 nanti.

Mereka juga sepakat untuk menggali peluang yang bisa digarap bersama dalam merancang mobil generasi selanjutnya, seperti mobil listrik dan mobil otonom.

Saat ini para produsen mobil di dunia berlomba-lomba mengembangkan teknologi baru dengan dana miliaran dolar.

Ford berencana membelanjakan US$ 11 miliar untuk program restrukturisasi bisnis dalam beberapa tahun ke depan, sementara VW akan membelanjakan sekitar US$ 50 miliar sampai 2023 untuk mengembangkan mobil listrik, mobil otonom, dan teknologi lainnya.

“Anda tidak bisa melakukan ini sendirian,” kata CEO Ford Jim Hackett dalam jumpa pers bersama CEO Volkswagen Herbert Diess.

“Semua upaya ini akan diperkuat dengan berbagi kekuatan otak.”

Diess sependapat dengan mitra barunya itu.

“Bukan rahasia lagi bahwa industri kami ini sedang mengalami perubahan fundamental akibat dari meluasnya elektrifikasi, regulasi emisi yang makin ketat, digitalisasi, pergeseran menuju kendaraan otonom, dan perubahan selera konsumen,” kata Diess.

“Dalam situasi seperti ini, masuk akal untuk berbagi investasi, menyatukan kemampuan berinovasi, dan menciptakan efek skala di area-area yang ditentukan dengan jelas.”

Rencana kolaborasi ini sudah diungkapkan secara terbuka sejak awal tahun lalu, dan mereka berdua akan saling melengkapi.

Volkswagen menjual 10,8 juta kendaraan pada 2018 yang merupakan rekor baru dan membuatnya sebagai produsen mobil terbesar di dunia. Namun, hanya 1% dari angka itu yang merupakan mobil listrik.

VW cukup kuat di segmen minivan, tetapi tidak di bidang van atau pickup niaga. Ford akan bisa menutupi kekurangan itu. Selain itu, VW bisa berharap peningkatan penjualan di AS, pasar terbesar kedua setelah Tiongkok.

VW memiliki brand mobil mewas Audi, juga Porsche dan Skoda.

Ford adalah pemain utama di pasar Amerika, nomor dua setelah General Motors, tetapi di luar negeri tidak begitu sukses dan kesulitan mendapat laba di Eropa, di mana VW sangat dominan.

Ford memiliki banyak model pickup dan SUV yang terkenal. Pickup F-150 adalah model paling laris di Amerika untuk segmen itu selama lebih dari 40 tahun.

Sayangnya penjualan sedan Ford terus menurun, sementara VW sangat kuat di segmen sedan.

Betapa pun, kolaborasi ini mustahil berakhir dengan merger dua perusahaan secara resmi karena struktur kepemilikan yang unik di masing-masing perusahaan.

Kepemilikan saham pengendali Ford terus dikuasai oleh keturunan pendiri perusahaan Henry Ford. Cicitnya, Bill Ford Jr., menjabat chairman perusahaan sekarang ini dan jelas bahwa keluarga Ford tidak berniat melepas kekuasannya.

Sekitar 20% saham Volkswagen dimiliki oleh negara bagian Lower Saxony, Jerman, di mana markas perusahaan berada.CNN

Leave A Reply

Your email address will not be published.