Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley telah mengundurkan diri dan akan meninggalkan pemerintahan Presiden Donald Trump

0 19

DRADIOQU.COM – Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Nikki Haley telah mengundurkan diri dan akan meninggalkan pemerintahan Presiden Donald Trump pada akhir tahun ini.

Perempuan itu dikenal biasa bicara lantang saat membela kepentingan negaranya atau mengecam negara-negara yang berseberangan dengan kepentingan AS.

Trump mengumumkan pengunduran diri Haley, Selasa (9/10) waktu setempat. Namun, Haley ternyata sudah mengajukan surat pengunduran diri pekan sebelumnya, tepatnya pada 3 Oktober lalu.

Berikut ini kutipan surat Haley kepada Trump:

Yth. Bapak Presiden:
Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk melayani negara kita di era pemerintahan Anda. Saya tidak bisa cukup berterima kasih atas kesempatan yang Anda berikan ini.

Anda akan mengenang bahwa ketika Anda menawarkan posisi sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa pada November 2016, saya menerimanya dengan sejumlah syarat. Syarat-syarat itu termasuk bekerja di kabinet Anda dan di Dewan Keamanan Nasional (National Security Council – red), dan bebas mengutarakan pikiran saya tentang isu-isu yang sedang terjadi. Anda membuat komitmen itu dan jelas Anda memenuhinya. Atas hal itu juga saya haturkan terima kasih.

Kita telah meraih sukses besar di PBB. Kita telah mengesahkan sanksi terberat untuk setiap negara dalam satu generasi, memaksa Korea Utara melakukan denuklirisasi. Kita mengesahkan embargo senjata atas Sudan Selatan yang akan membantu mengurangi tindak kekerasan dan semoga bisa membawa perdamaian di negara yang sedang bermasalah itu. Kita berdiri tegak membela sekutu kita Israel dan mengikis sikap bias PBB terhadap negara tersebut. Kita mereformasi operasi PBB dan menghemat lebih dari US$ 1,3 miliar. Kita bicara tegas menentang kediktatoran di Iran, Suriah, Venezuela, Kuba, dan ya, Rusia. Di atas semua itu, kita berdiri teguh membela nilai-nilai dan kepentingan Amerika, selalu menempatkan Amerika sebagai yang pertama. Saya bangga dengan rekam jejak kita.

Sebagai seorang pendukung utama atas pembatasan masa jabatan, sejak lama saya meyakini bahwa rotasi dalam pekerjaan akan menguntungkan masyarakat. Antara pekerjaan sebagai duta besar di PBB dan bekerja di kantor gubernur South Carolina dan Majelis Umum, saya telah bertugas di kantor publik selama 14 tahun. Sebagai seorang pengusaha, saya berharap Anda akan mengapresiasi pendapat saya bahwa kembali dari pemerintahan ke sektor swasta bukanlah sebuah langkah mundur, tetapi langkah maju.

Dengan itu pula, saya mundur dari jabatan saya. Untuk memberi waktu bagi Anda dalam memilih pengganti, dan memberi waktu bagi Senat untuk mempertimbangkan pilihan Anda, saya siap melanjutkan tugas sampai Januari 2019.

Pada saat itu, saya kembali akan menjadi warga negara privat. Saya berharap bisa terus bicara lantang dari waktu ke waktu tentang masalah-masalah kebijakan publik yang penting, tetapi saya tidak akan menjadi kandidat untuk jabatan apa pun pada 2020. Sebagai warga negara privat, saya ingin mendukung Anda untuk terpilih kembali sebagai presiden, dan mendukung kebijakan-kebijakan yang akan terus menggerakkan negara kita lebih maju lagi.CNN

Leave A Reply

Your email address will not be published.