Ditjen KSDAE, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka Implementasi aksi nyata konservasi satwa liar

0 23

Dradioqu.com – Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Dan Ekosistem ( Ditjen KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka Implementasi aksi nyata konservasi satwa liar yang dilindungi menggandeng para pihak diantaranya Jakarta Animal Aid Network (JAAN) guna persiapan pelaksanaan translokasi  11 ( sebelas) ekor buaya muara ( Crocodylus porosus) dari Pusat penyelamatan satwa Tegal Alur ( PPS Telar Alur ) ke Pusat penyelamatan Satwa cikananga ( PPS Cikananga ).

PPS Tegal alur adalah tempat transit sementara satwa Liar dikelola oleh Balai Konservasi sumber Daya alam Jakarta (BKSDA Jakarta), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, satwa – satwa tersebut berasal dari sitaan atau temuan bahkan penyerahan yang dilakukan oleh masyarakat yang dirawat sementara sebelum adanya penetapan penyaluran satwa ( animal disposal ) oleh Dirjen KSDAE untuk pelepasliaran maupun translokasi ke Lembaga Konservasi./ penangkaran.

Saat ini, tercatat 202 ekor satwa menempati PPS Tegal Alur Baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi. Diantaranya adalah buaya muara ( Crocodylus Porosus ) sebanyak 11 ekor yang berasal dari hasil penyerahan masyarakat dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2018.Penyerahan tersebut berasal dari Ciputat ( Tangerang Selatan ) , Jatimulya ( Bekasi Selatan ), Meruya ( Jakarta Barat ) , Jakarta , Tangerang , Koja ( Jakarta Utara ), Jatisampurna ( Bekasi ) , Jatiasih ( Bekasi ) , Ciledug (Tangerang Kota) dan BSD ( Tangerang Selatan ).

Status buaya muara ( Crocodyus Porosus ) adalah satwa liar yang dilindungi ( Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1999 ) dirawat di PPS Tegal Alur dengan mempertimbangan prinsip kesejahteraan satwa ( animal welfare ). Pemeriksaan Kesehatan terakhir dilakukan pada tanggal 13 November 2018, Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah buaya muara ini secara fisik dan mental siap untuk dilakukan translokasi ke Sukabumi.

Sebagaimana Fungsi PPS Tegal Alur Sebagai Tempat perawat satwa yang bersifat sementara dan mengurangi  resiko kematian dan Mengedepankan Prinsip kesejahteraan satwa ( Animal Welfare ) di PPS Tegal Alur, Maka BKSDA Jakarta dan Jakarta Animal Aid Nework ( JAAN ) mengupayakan agar dilakukan trakslokasi Ke PPS Cikananga.

Secara keseluruhan rencana translokasi buaya muara ( Crocodylus Porosus ) telah dipersiapkan dengan baik sesuai  dengan baik sesuai dengan ketentuan perundang – undangan mulai dari kesediaan pihak BKSDA, Jawa Barat dan PPS Cikananga Untuk menerima dan akan merawat satwa, persetujuan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem , Penerbitan Surat Angkut, Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri ( SATS- DN) dan hasil pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan Kesiapan seluruh pihak, maka rencana translokasi buaya muara sebanyak 11 ekor akan dilaksakan pada Hari Kamis, tanggal 6 Desember 2018 pada jam 19.00 menggunakan minibus dari PPS Tegal alur – Jakarta Barat ke PPS Cikananga – Sukabumi .

Klik Video :

Turut Hadir Kepala Balai KSDA Jakarta, Bapak Ahmad Munawir , S.Hut, M.Si , dari JAN, Benvinka dan PPS Cikananga , Bp. Onno. DPW

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.