Cegah Dini Penyakit, Diskes Lantamal II Padang Gelar Penyuluhan Kesehatan Difteri Dan Rubella

0 45

DRADIOQU.COM – Jakarta, 10 Oktober 2018, Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan TNI AL Ke-73 Tahun 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal II memberikan penyuluhan tentang Penyakit Difteri dan Rubella kepada Prajurit dan PNS Lantamal II di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Rabu (10/10).

Sebelumnya acara dibuka oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam menyikapi situasi saat ini, banyak hal yang harus diwaspadai tentang berbagai penyakit yang setiap saat dapat menyerang kita maupun keluarga diantaranya penyakit difteri dan rubella. Oleh karena itu dilaksanakan cegah dini dengan cara memberikan penyuluhan kesehatan, hal ini sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit difteri dan rubella serta bagaimana kita agar terhindar dari penyakit tersebut,” lanjutnya.

Penyuluhan tentang penyakit difteri dan rubella disampaikan oleh dr. Elen Riorita yang kesehariannya berdinas di Balai Pengobatan (BP) Lantamal II. Menurutnya Penyakit Difteri merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri corynebacterium dengan gejala berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan diamandel dan tenggorokan.

Lanjutnya, bakteri ini menghasilkan racun yang berbahaya jika menyebar kebagian tubuh yang lain. Sedangkan rubella merupakan infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit, dan umumnya rubella menyerang pada anak-anak dan remaja. Penyakit ini disebabkan oleh virus rubella yang dapat menyebar dengan sangat mudah penularannya, utamanya dapat melalui butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin. Difteri dan rubella termasuk penyakit infeksi yang berbahaya, karena dapat berujung kematian jika tidak mendapat penanganan yang tepat, “imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal II, Para Asisten Danlantamal II, Kasatker Lantamal II, dan Jalasenastri Korcab II DJA I.DPW

Leave A Reply

Your email address will not be published.