BJRB LANTAMAL II MEMBENTUK KARAKTER BANGSA

0 28

 

DRADIOQU.COM – Jakarta, 01 September 2018, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., membuka acara Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2018 di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Sabtu (01/09).

Dalam sambutannya komandan Lantamal II mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta BJRB tahun 2018 di Mako Lantamal II Padang.

Bintal Juang Remaja Bahari merupakan kegiatan untuk pembinaan mental generasi muda bangsa, kegiatan tersebut disamping bersifat rekreatif juga menanamkan pentingnya pembentukan karakter bangsa, “ungkapnya.

Lanjutnya, melalui kegiatan ini para pelajar dapat merasakan manfaat yang positif dengan menambah pengetahuan dan pengalaman diluar bangku sekolah.

Sebagai generasi muda harusnya menyadari bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa bahari, yakni bangsa yang sadar akan jati dirinya yang lahir, tumbuh dan berkarya di Negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, sehingga hidup dan masa depan rakyatnya bergantung pada laut, karena laut adalah modal dasar terbesar yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia.

Generasi muda merupakan potensi bangsa, maka sebagai generasi penerus harus dibekali dengan pola pemilkiran dan skill yang positif, sehingga dapat memberikan masukan dan energi yang positif bagi bangsa dan Negara. Oleh karena itu semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh, generasi muda harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan bangsa, karena sejarah bangsa akan ditentukan oleh generasi penerusnya, “Imbuhnya.

Berdasarkan laporan panitia BJRB Lantamal II Letkol Laut (PM) Dodi, kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari mulai hari ini dan besok.
Untuk hari ini usai dibuka oleh Komandan Lantamal II dilanjutkan dengan pembekalan materi meliputi bintal rohani, bintal ideologi, bintal kejuangan, pembinaan jasmani, kebaharian, kepemimpinan, pencegahan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika, PBB, psikotropika dan zat aditif (NAPZ).

Kemudian acara dilanjutkan dengan berlayar bersama KRI dan kegiatan di pulau Pasumpahan Pesisir Selatan. Kegiatan BJRB mengangkat tema “Membina Remaja Bahari Yang Berkarakter dan Cinta NKRI”, dengan maksud dan tujuan para peserta dapat terbentuk sikap mental, kejuangan, jiwa bahari dan semangat pengabdian yang tinggi dengan dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila untuk bekal kehidupan di masyarakat.

Peserta BJRB Lantamal II diikuti oleh SMK 3 Padang, SMKN 10 Pelayaran, MAN 2 Padang, MAN 3 Padang, SMKN 6 Padang, UIN Padang dan Putra Putri Maritim Sumatera Barat dengan jumlah 125 peserta.

turut serta dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal II, Asisten Danlantamal II, dan Kasatker/Kadis Lantamal II.

Leave A Reply

Your email address will not be published.