BERKAH UMUR BERTUMBUH TRADISI TETAP DIPEGANG TEGUH

0 44

DRADIOQU.COM – Jakarta, minggu(26-8-1018),mengambil tempat di Rumah adat sulawesi utara Taman Mini Indonesia Indah, Forum Keluarga Tolaki Mepokoaso (FKTM) mengadakan event budaya Tolaki, event tersebut mempromosikan budaya, tarian, masakan khas Tolaki. Event Budaya Tolaki sendiri diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Tolaki itu adalah suatu suku yang ada di Sulawesi Tenggara.

Kebudayaan Tolaki tersebut dimeriahkan oleh acara makan-makan bersama dengan masakan khas Tolaki mendatangkan publik figur ternama,sebagai bentuk rasa syukur akan kebersamaan yang terhimpun sesama perantau Tolaki di Jakarta.

Ketua Umum Forum Keluarga Tolaki Mepokoaso Astawan Husen memaparkan tujuan diadakan acara makan bersama sesama keluarga besar Suku Tolaki adalah pertama kita promosikan dan Ulang Tahun FKTM yang kedua kita bikin event budaya tolaki dan kita promosikan terutama tarian dan makanan khas songgi dengan lauk-pauk khas Tolaki itu seperti  papeda, piramid ini ada dikali jinawi, kowo ini seperti keong emas yang ada di TMII, daging tawawo ini yang dimasak dengan kedondong hutan intinya semua ini kita promosikan budaya Tolaki sebagai duta budaya Indonesia,

Kita akan berlanjut dan kita akan buat event lainnya, sehingga Tolaki di kenal oleh banyak orang dalam dan luar negeri,maka dari itu kita tadi berkerja sama dengan televisi swasta nasional,” pungkasnya.

Masrin Malowangi sebagai wakil dari ketua FKTM menambahkan, bahwa masih banyak sebetulnya kebudayaan Tolaki yang belum tereapos seperti tarian Lulo dan tarian Umoara,selain itu Tolaki juga punya binatang yang di lindungi yaitu Anoa yang dalam bahasa Tolaki Kadue.Harapan kami setelah acara ini berlangsung Tolaki akan di kenal oleh banyak orang,karena Tolaki adalah salah satu suku terbesar di Sulawesi Utara.(nur)

Leave A Reply

Your email address will not be published.