Bangun Kahayya Sebagai Desa Wisata

0 52

Sinergitas kerjasama akan dibangun Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan yang rencananya akan bahu-membahu dengan warga masyarakat untuk melakukan kegiatan pembenahan dan merenovasi bangunan pemukiman warga di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang sebagai salah satu potensi dan daya tarik wisata kota Butta Panrita Lopi.

Bangunan rumah warga akan dibenahi agar bisa lebih layak untuk dijadikan sebagai home stay dan tempat peristrahatan bagi pengunjung serta wisatawan yang datang bertandang ke kawasan wisata Bukit Donggiya, Desa Kahayya.

Selain akan mengupayakan pembenahan bangunan pemukiman warga, Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba juga telah mendesign rencana pembenahan infrastruktur jalan sepanjang kurang lebih dua puluh tujuh kilometer dari kota Bulukumba menuju Desa Kahayya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saling mengatakan, rencana pembenahan akses jalan akan diprioritaskan pada titik jalan terparah di Desa Kahayya, sepanjang kurang lebih, enam sampai tujuh kilometer.

Rencana pembenahan jalan ini sendiri kata Ali Saleng, baru akan sementara dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Binamarga, dan Dinas PU kabupaten, pungkasnya, saat dihubungi wartawan via telefon selular, pada hari Kamis, (06/09) malam.

Pernyataan ini diaminkan staf Bagian Umum Dinas Pariwisata Bulukumba, Ubayd Manstsyur dalam perbincangan telefon dengan wartawan hari Kamis, (06/09) malam.

Pria yang sebelumnya ditempatkan di bidang promosi dan pemasaran Dispar Bulukumba ini mengutarakan, warga Desa Kahayya sudah tergolong welcome dan familiar terhadap rencana pengembangan Kahayya sebagai kawasan desa wisata.

Sebagai bentuk apresiasi atas sikap tersebut, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui instansi tekhnis Dinas Pariwisata telah mempersiapkan design master plan rencana penataan Desa Kahayya sebagai salah satu lokasi pengembangan potensi dan daya tarik pariwisata masa depan kota Bulukumba.

Dinas Pariwisata juga akan terus mengedukasi dan mensosialisasikan standar bangunan home stay yang layak bagi pengunjung dan wisatawan, terutama dari sisi penyediaan fasilitas kamar tidur dan wc, jelasnya menambahkan. (fadly syarif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.