Asah Naluri Intelijen, Lantamal XII Pontianak Adakan LDD Dasar Intelijen Bagi Prajurit Posal/ Posmat

0 12

DRADIOQU.COM – Jakarta, 11 Oktober 2018,Latihan Dalam Dinas (LDD) pengetahuan dasar intelijen bagi personel pengawak Posal dan Posmat wilayah kerja Lantamal XII Pontianak Tahun 2018 di buka Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M. Tr (Han) di gedung Malahayati, Mako Lantamal XII Pontianak, Jl. Kom Yos Sudarso no.1 Jeruju Pontianak Kalbar. Rabu (10/10).

Pembukaan LDD bagi personel pengawak Posal dan Posmat jajaran Lantamal XII Pontianak diikuti 36 peserta Perwira Pertama, Bintara dan Tamtama yang akan berlangsung selama tiga hari meliputi materi pelajaran; pengantar intelijen, peran dan tugas dalam bidang intelijen, peran dan tugas dalam bidang potensi maritim, teknik pengumpulan data, sistem pelaporan, DWK (Diskripsi Wilayah Kerja) dan peta situasi, kamla (keamanan laut), hukum laut, peredaran narkoba lewat laut, penyelidikan, penggalangan dan pengamanan.

Sebelum acara dibuka diawali laporan kesiapan Latihan Dalam Dinas dasar intelijen oleh Asintel Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Erwin H. Ticoalu, S.E., kepada Danlantamal XII, yang selanjutnya diteruskan penyematan perwakilan dua peserta perwira dan bintara oleh Danlantamal XII.

Dalam amanat yang dibacakan Danlantamal XII Pontianak, menyampaikan acara pembukaan Latihan Dalam Dinas (LDD) pengetahuan dasar intelijen bagi para pengawak Posal/Posmat jajaran Lantamal XII tahun 2018, merupakan mata rantai atau ujung tombak dari fungsi intelijen guna melaksanakan pengamatan di laut dalam rangka mengantisipasi adanya kejadian yang bisa menjadi ancaman bagi ketahanan wilayah kerja Lantamal XII/ NKRI.

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan pengawak Posal/Posmat dengan menyelenggarakan latihan dalam dinas dasar intelijen dengan tujuan memberikan pembekalan dasar ilmu intelijen serta pengetahuan dan pemahaman tentang tugas dan fungsi Posal/Posmat sebagai pengindera dini intelijen maritim dan puldata intelmar agar terbentuknya sense of security pengawak Posal/Posmat sehingga dapat dijadikan dasar dalam melaksanakan tugas.

Keberadaan Posal/Posmat sebagai mata dan telinga intelijen, diharapkan segala sesuatu kegiatan yang terjadi di lingkup kerja Posal/Posmat dapat dilaporkan secara cepat, tepat, relevan, aktual dan valid untuk mendukung operasi keamanan laut dan sebagai pertimbangan pemimpin dalam pengambilan keputusan.

Hadir dalam pembukaan latihan dalam dinas dasar intelijen, Wadan Lantamal XII Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, para Asisten Danlantamal XII, Perwira, Bintara dan Tamtama.DPW

Leave A Reply

Your email address will not be published.