Anggota TNI-AD Bersama Persit KCK Cab. XXIX Kep. Selayar

Gelar Bakti Sosial Bersih Laut di Kawasan Pa’badilang

0 34

DRADIOQU.COM – Kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan mengantar langkah kaki anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan untuk kembali menapakkan kaki di pesisir Pantai Pa’badilang. Desa Bungaia, Kecamatan Bontomate’ne dan merefleksikan secara nyata wujud kecintaan terhadap lingkungan melalui pelaksanaan kegiatan bakti sosial bersih pantai.

Puluhan anggota Persit Kartika Chandra Kirana berseragam hijau turun bersama dengan anggota TNI-AD dari Lingkungan Kodim 1415/Selayar melakukan upaya realokasi, dan pembersihan puing-puing sampah berserakan, pasca tragedi tenggelamnya KM. Lestari Maju, beberapa waktu lalu.

Gerakan bakti sosial bersih pantai yang dilaksanakan pada hari Minggu, (19/08) tersebut dipimpin langsung Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Novi Tri Kusumaningrum Yuwono. Sementara, anggota TNI-AD, dikomandoi, Kasdim 1415/Selayar, Mayor Inf. Junaid.

Selain mengumpulkan dan membakar sampah yang berserakan di sekitar bibir pantai, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX juga turut melakukan giat pembersihan sampah berserakan di sekitar bangkai KM. Lestari Maju dengan melakukan aktivitas penyelaman bersama anggota Sileya Scuba Divers dan Pengurus Persatuan Olahraga Selam Indonesia Cabang Kepulauan Selayar.

Aktivitas penyelaman dilakukan selama kurang lebih setengah jam dengan mengelilingi bangkai KM. Lestari Maju untuk mengangkut sampah plastik, kaleng, dan sampah jenis kain yang sebelumnya telah disurvey oleh Ketua Possi Kepulauan Selayar, Taning.

Hal ini diutarakan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kepulauan Selayar, Novi Tri Kusumaningrum Yuwono, beberapa saat usai dilakukannya kegiatan pembersihan laut yang dilakukan anggota Persit KCK Cabang XXIX Kepulauan Selayar, dengan melibatkan personil Kodim 1415/Selayar, Pengurus Possi Kepulauan Selayar, anggota Polhut dari Balai Taman Nasional Takabonerate, serta Pengurus Sileya Scuba Divers (SSD).

Kegiatan bersih laut diawali dengan baksos bersih pantai dengan melibatkan tim gabungan yang terdiri atas anggota Kodim 1415/Selayar, Pengurus Persit KCK Cabang XXIX, Pengurus Possi, SSD, anggota Polres Kepulauan Selayar, Pengurus Bhayangkari Cabang Kepulauan Selayar, Dinas Kepariwisataan, Komunitas Vespa, Pramuka, Basarnas, BPBD, Tagana, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta berbagai komunitas pemerhati lingkungan yang terdapat di Kabupaten Kepulauan Selayar.

kegiatan ini digelar sebagai wujud simbolisasi kepeduliaan dan rasa cinta keluarga besar Kodim 1415/Selayar, terhadap upaya pelestarian lingkungan laut, serta kawasan pesisir pantai sebagai asset masa depan pengembangan kawasan pariwisata bahari di Bumi Tanadoang.

Program ini juga sekaligus menjadi bukti dukungan penuh keluarga TNI-AD dalam mewujudkan harapan dan cita-cita pengembangan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), pungkasnya kepada awak media dan tim penerangan Kodim 1415/Selayar. (fadly syarif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.