Aksi Ratusan Buruh Mengawal Rapat Pleno UMK Kabupaten Tangerang

0 27

Dradioqu.com – Tangerang, Selasa (6/11), Bertempat di Ruang rapat tenaga kerja kabupaten Tangerang dimana Dewan pengupahan Kabupaten Tangerang (Depekab) , melaksanakan sidang pleno upah minimum kabupaten Tangerang tahun 2019 .

Didalam keputusan tersebut dihasilkan beberapa pembahasan usulan Upah minimum diwilayah Kabupaten Tangerang tahun 2019 dengan besaran Rp 4.088.586,- hal tersebut disesuaikan oleh kebutuhan hidup layak ( KHL) berdasarkan survey pasar yang dilaksanakan oleh serikat pekerja / serikat buruh ke pasar Sentiong, Balaraja , pasar Cikupa dan pasar Curug pada tanggal 1 November 2018.

Ada beberapa perhitungan yang telah disampaikan pada forum pertemuan tersebut diantaranya seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu perwakilan dari aksi buruh bernama  Sugeng  yang juga merupakan  Presidium Konfederasi Serikat Nasional (KSN) mengatakan, adapun dalam usulan kenaikan tersebut yang diusulkan oleh beberapa perwakilan buruh untuk meminta kenaikan UMK Kabupaten Tangerang yakni sebesar, 15 persen dari UMK saat ini, yaitu Rp3.555.834,67 sesuai dengan survei pasar yang dilakukan pihak buruh.

“Hasil yang kami sudah survei di pasar Kabupaten Tangerang, kalau mengacu pada PP 78, upah hanya Rp3,8 jutaan, sedangkan yang kami inginkan Rp 4,88 jutaan,” ungkap Sugeng.

Berdasarka dari pantauan rekan media BBSNews dilokasi, saat rapat pleno itu berlangsung, ratusan buruh dari berbagai serikat buruh melakukan aksi demonstrasi di halaman kantor Disnakertrans itu. Mereka menyuarakan hal serupa, yakni kenaikan upah tahun 2019.

Dari hasil pleno itu selanjutnya, akan direkomendasikan Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang ke Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan akan ditentukan pada tanggal 8 November 208.

“Kami berharap Bupati merekomendasikan ke Gubernur Banten di tanggal 9 November kenaikan UMK sebesar 15 persen, yaitu Rp4.088.586,” harapnya.RED ( Editor : Dipta W )

Leave A Reply

Your email address will not be published.