Ajang pesta olahraga Asian Games 2018 yang tengah digelar di Jakarta dan Palembang

kini semakin marak dengan diadakannya Festival Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi

0 41

DRADIOQU.COM – Ajang pesta olahraga Asian Games 2018 yang tengah digelar di Jakarta dan Palembang kini semakin marak dengan diadakannya Festival Kebudayaan Kerajaan Arab Saudi yang digelar oleh Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Kerajaan Arab Saudi. Festival ini digelar pada 19-22 dan 24-28 Agustus 2018 di Saudi House, Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat.

Diungkapkan Tony Mounarak selaku Saudi House Manager, penyelenggaraan festival ini sebagai bentuk penghormatan Kerajaan Arab Saudi kepada Pemerintah Indonesia yang tengah menyelenggarakan event Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

“Festival ini  untuk merayakan keberagaman kebudayaan Arab Saudi. Kegiatan ini digelar sebagai upaya Pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk meningkatkan hubungan dengan masyarakat dan juga Pemerintah Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia. Atas kunjungan Raja Salman beberapa waktu lalu, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi berusaha mendekatkan diri dengan Pemerintah dan masyarakat Indonesia. Kami berusaha untuk menampilkan kekhasan budaya yang ada di Arab Saudi disamping untuk memperkuat komitmen dalam ikatan dan solidaritas antar kedua negara,” tutur Toni di Saudi House di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (24/8).

Sejumlah kegiatan dan budaya Arab Saudi ditampilkan dalam beberapa Paviliun seperti Paviliun Kaligradi, Seni Visual Saudi, Pavilun Kurma, Pavilun Zamzam, Pavilun Zena dan dua replika masjid Suci yakni Masjidil Haram dan Masjid An Nabawi serta pavilun kuliner tradisional Arab Saudi.

Selain itu, para pengunjung yang datang akan juga menyaksikan perjalanan sejarah Kerajaan Arab saudi dari masa ke masa yang dikemas dalam kaligrafi Arab. Untuk menyaksikan kisah sejarah perjuangan atlet-atlet Arab Saudi dalam mengikuti event olahraga, Pemerintah Arab Saudi juga memeberikan banyak informasi tentang partisipasi negaranya dalam event olahraga seperti Olimpiade, Asian Games dan juga Piala Dunia sepakbola serta memberikan informasi prestasi yang diraih para atletnya.

Tak hanya bisa menyaksikan beberapa kebudayaan dan olahraga yang ada di Arab Saudi, pengunjung juga dapat menyaksikan beberapa konser musik yang ditunjukan oleh para seniman-seniman Arab Saudi lengkap dengan menggunakan instrumen musik yang berbeda seperti Al Qud dan Aldoff. Sementara itu, sejumlah tarian dan tradisi saat pernikahan di Kerajaan Arab Saudi juga dapat disaksikan lengkap oleh pengunjung yang hadir. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati langsung sajian kuliner serta menikmati buah kurma yang dibawa langsung dari Arab Saudi serta bisa meminum air Zam Zam yang dibagikan secara gratis.

Saudi House sendiri terbuka untuk umum dan untuk masuknya, pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Saudi House sendiri buka mulai pukul 14.00 WIB – 22.00 WIB. Khusus bagi pengunjung yang tengah berada di areal Stadion Gelora Bung Karno, Pemerintah Arab Saudi juga menyediakan kendaraan antar jemput gratis menuju ke Saudi House yang terletak tepat disamping Gedung MPR/ DPR dan DPD RI itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.