Terputar

Title

Artist


Perusahaan mobil listrik China Xpeng mengenalkan mobil sedan listrik murah Mona M03 dengan harga mencapai US$ 16.813 atau setara Rp 257,5 juta

Ditulis oleh pada Agustus 29, 2024

Perusahaan mobil listrik China Xpeng mengenalkan mobil sedan listrik murah Mona M03 dengan harga mencapai US$ 16.813 atau setara Rp 257,5 juta. Dikutip Autoblog, Kamis (29/8/2024), mobil sedan listrik baru itu merupakan produk pertama hargadari sub-brand, Mona.

“Mona merupakan sub-brand di bawah Xpeng yang menghkhususkan pada mobil-mobil listrik harga terjangkau. Segmen tersebut merupakan pasar besar yang sangat kompetitif di China,” sebut Autoblog.

Xpeng diketahui memasarkan 2 varian Mona M03. Keduanya adalah Mona M03, varian entry level tanpa teknologi mengemudi otonom canggih dan Mona M03 Max yang dilengkapi denngan teknologi canggih seperti Tesla.

Khusus untuk varian teratas, Mona M03 Max, harganya mencapai US$ 21.866 atau sama dengan Rp 335 jutaan. “Harga itu masih lebih murah dibanding sedan listrik di segmen yang sama dengan harga rata-rata Rp337 jutaan,” jelas Autoblog.

Xpeng meluncurkan mobil sedan listrik murah, Mona M03 - (DOK/Car News China)
Xpeng meluncurkan mobil sedan listrik murah, Mona M03 – (DOK/Car News China)

He Xiaopeng mengatakan Mona M03 akan mulai dikirim ke konsumen pada awal 2024. Ia mengaku optimistis mobil sedan listrik tersebut akan terserap pasar dengan baik.

“Mona M03 adalah satu-satunya mobil dengan teknologi mengemudi otonom canggih dengan harga kurang dari Rp 430 jutaan,” katanya.

Diketahui Xpeng membutuhkan penjualan mobil listrik dalam skala besar untuk menstabilkan keuangan mereka. Mereka berusaha keras menghindar dari potensi kebangkrutan.

Potensi kebangkrutan tersebut sempat muncul ketika Xpeng menjual mobil listrik Xpeng P5. Mobil listrik dengan teknologi Lidar itu ternyata sulit diterima pasar karena harganya yang sangat mahal.

Xpeng kemudian menurunkan harga mobil listrik tersebut dengan cara mencopot teknologi Lidar. Hanya saja modal riset yang telah dikeluarkan sudah sangat besar.

Mereka berharap hadirnya sub-brand yang mengincar pasar mobil listrik harga murah bisa menyelamatkan mereka dari potensi kebangkrutan.

“Mereka mengharapkan penjualan tahunan setidaknya 100.000 mobil Mona,” ujarnya.