Terputar

Title

Artist


SESKOAL LAKSANAKAN PENELITIAN

Ditulis oleh pada Agustus 22, 2024

Dharma Wiratama, 22 Agustus 2024

Seskoal yang merupakan lembaga pendidikan umum tertinggi di lingkungan TNI AL. Di tempat inilah para Perwira Menengah ditempa, untuk menjadi pemimpin TNI/TNI AL masa depan. Mereka dibekali berbagai disiplin ilmu yang diberikan melalui berbagai metode, seperti pelajaran di kelas, diskusi, praktik dan berbagai metode pendidikan lainnya.

Berdasarkan keputusan Menristekdikti, sejak tahun 2015 Seskoal telah diakui dalam penyelenggaraan pendidikan pasca sarjana S2 Program Studi Operasi Laut. Berdasarkan hal tersebut, maka Seskoal mememiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Kewajiban tersebut antara lain Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat.

Terkait hal tersebut, saat ini Seskoal tengah melaksanakan penelitian yang dilaksanakan di wilayah Cirebon. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan lima Perwira Menengah yang berperan sebagai Dosen BS Kepemimpinan dan Kejuangan. Kegiatan tersebut yang dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E. selaku Dosen Utama. Sedangkan tema dari penelitian ini adalah “Peran Sunan Gunung Jati dalam Pertahanan Maritim

Dalam pelaksanaannya, penelitian kali ini melaksanakan pengambilan data melalui wawancara kepada sejumlah narasumber dari Akademisi Universitas Sunan Gunung Jati, Sejarawan, Keluarga Besar Sunan Gunung Jati, Peneliti Militer, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cirebon, Dinas Kearsipan dan Masyarakat setempat.

Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Fauzi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., M.Han menyampaikan bahwa, penelitian ini dilaksanakan bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi, tapi juga sebagai salahsatu tanggung jawab Seskoal selaku lembaga pendidikan. “Laksanakan penelitian dengan sebaik-baiknya”, pungkas Danseskoal.