Terputar

Title

Artist


Manchester City (Man City) untuk sementara unggul 1-0 atas tuan rumah Chelsea pada babak pertama Liga Inggris

Ditulis oleh pada Agustus 19, 2024

Manchester City (Man City) untuk sementara unggul 1-0 atas tuan rumah Chelsea pada babak pertama Liga Inggris, Minggu (18/8/2024).

Gol yang membawa pasukan Pep Guardiola unggul di Stadion Stamford Bridge ini dilesakkan Erling Haaland pada menit ke-18.

Pelatih anyar Chelsea, Enzo Maresca, mengusung formasi 4-2-3-1. Dia  menurunkan Nicolas Jackson sebagai striker tunggal. Dia ditopang trio Cole Palmer, Enzo Fernandez, serta Christopher Nkunku. Moises Caicedo dan Romeo Lavia berduet di lini tengah.

Lini belakang dipercayakan kepada Malo Gusto, Wesley Fofana, Levi Colwill, serta bek juara Euro 2024 bersama Spanyol Marc Cucurella. Posisi kiper dipercayakan kepada Robert Sanchez.

Di kubu Man City, pelatih Pep Guardiola menurunkan formasi 3-2-4-1. Lini serang dipercayakan kepada Erling Haaland yang menjadi striker tunggal.

Striker asal Norwegia ini ditopang Savinho, Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, dan Jeremy Doku. Rico Lewis dan Mateo Kovacic  berduet di lini tengah.

Barisan belakang dipercayakan kepada Manuel Akanji, Ruben Dias, serta Josko Gvardiol. Mereka mengawal kiper Ederson.

Chelsea menyelesaikan musim lalu dengan bertengger di posisi keenam. Sementara Man City meraih gelar juara Premier League untuk keempat kalinya secara beruntun meskipun Arsenal bertengger di puncak hampir sepanjang musim. Pasukan Pep Guardiola ini kemudian mengambil alih pimpinan klasemen dan menjadi juara.

Pemain Man City, Oscar Bobb, semula diprediksi menjadi starter dalam pertandingan ini, menyusul penampilan pramusimnya yang mengesankan. Namun, pemain berusia 21 tahun itu mengalami patah tulang di kakinya saat latihan pada Rabu (14/8/2024) lalu.

Kedua tim memulai pertandingan dengan saling menyerang, Sebuah serangan Man City membuat Bernardo Silva bisa melepaskan tendangan. Namun, sepakannya diblok sehingga menghasilkan sepak pojok. Namun, tendangan dari sudut lapangan yang dieksekusi Kevin De Bruyne tak ada yang menyambut.

Pada menit ke-13, Nicolas Jackson berhasil menerobos kotak penalti Man City. Namun, upayanya berhasil digagalkan pemain belakang tim tamu.

Beberapa saat kemudian, Kevin De Bruyne mengancam dari sisi kiri. Dia melepaskan tendangan setelah mendapat umpan dari Doku. Namun, tendangan kaki kirinya berhasil ditangkap kiper Sanchez.

Menit ke-18, Man City sukses mencetak gol yang membuat mereka unggul berkat aksi Erling Haaland. Berawal umpan Gvardiol, Doku kemudian membawa bola dari sisi kiri. Dia kemudian melepaskan umpan ke depan gawang. Bola sempat disentuh Bernardo Silva dan kemudian mengarah kepada Haaland.

Haaland berhasil memanfaatkan bola dan menjebol gawang Chelsea meski dihalangi Levi Colwill dan Marc Cucurella. Haaland pun mencetak gol pertamanya musim ini.

Gol ini sempat dievaluasi VAR karena Silva berbau offside. Namun. wasit Anthony Taylor menyatakan gol ini sah.

Pada menit ke-22, Man City kembali mengancam pertahanan Chelsea. Kevin De Bruyne mampu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi tendangannya melenceng.

Menit ke-32, Chelsea mendapat peluang ketika Enzo Fernandez berhasil menerobos pertahanan Man City. Namun, saat menerima bola dia terjatuh karena dorongan Savinho. Namun, wasit menganggapnya bukan pelanggaran.

Menit ke-34, Nicolas Jackson mendapat peluang setelah berhasil menerobos kotak penalti lawan. Namun, tendangannya berhasil diblok Gvardiol. Bola kemudian dimanfaatkan Gusto menjadi umpan. Sayang, Nicolas Jackson yang menerima umpan itu tertangkap offside.

Beberapa saat kemudian Man City kembali menekan Chelsea. Setelah membawa bola, Doku kemudian melepaskan tendangan dari depan gawang. Bola sempat mengenai kaki bek Chelsea, dan mengarah ke gawang. Kiper Chelsea Robert Sanchez kemudian berhasil menepis bola.

Chelsea sebenarnya bisa menjebol gawang Man City pada menit ke-44 berkat aksi Jackson. Namun, gol ini dianulir setelah wasit meminta bantuan VAR. Jackson dianggap tertangkap offside.

Wasit sempat menentukan waktu tambahan lima menit pada babak pertama ini. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu bertahan hingga babak pertama usai.