Terputar

Title

Artist


PRAJURIT LANAL BINTAN TURUT SERTA DALAM PENGIBARAN BENDERA DI PERAIRAN KARANG SINGA

Ditulis oleh pada Agustus 17, 2024

 

TNI AL, Bintan,- Prajurit Lanal Bintan turut serta mengikuti Pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 Tahun 2024 di Perairan Karang Singa, Sabtu (17/08/2024).

Lantamal IV Batam sebagai Penyelenggara kegiatan Penaikan Bendera Merah Putih di Perairan Karang Singa, kegiatan tersebut dihadiri Forkopinda Bintan dan juga melibatkan pasukan upacara dari Kodim 0315/TPI, Lanal Bintan, Yonmarhanlan IV, Lanud RHF, Satrad 213 TPI, Polresta Bintan, Perwakilan SAR Tanjung Pinang, SMK Pelayaran, Karyawan PT. Pratama Widya (Pekerja Mercu Suar Karang Singa), serta Masyarakat nelayan dan 26 kapal nelayan.

Karang Singa berhadapan dengan Karang Tengah Malaysia. Karang Singa merupakan karang yang berada di Perairan Selat Riau pada kordinat 01 16 1.43 N – 104 21 53.38 E, dengan kedalaman 3,70 meter, tidak jauh dari Tanjung Sading, Bintan, Kepulauan Riau.

Karang Singa yang berada di Utara Pulau Bintan memang perlu mendapat perhatian khusus setelah diklaim oleh Malaysia. Karang Singa atau Carter Rif atau Carter Shoal adalah karang kecil yang terletak di Teritorial Perairan Indonesia, berada disebelah Utara Pulau Bintan, tidak jauh dari ketinggian air surut yang disengketakan di South Ledge. South Ledge sendiri diklaim oleh Singapura dan Malaysia.

(Pen Lanal Bintan)