Terputar

Title

Artist


Kemana dan Kenapa Kakam Gunung Tapa dan Pemda Tulang Bawang, Sampai Warga Miskinnya Tak Tersentuh Bansos

Ditulis oleh pada Juni 18, 2024

DRadioQu.com,TULANG BAWANG – Salah satu warga di Kampung Gunung Tapa, Kecamatan Gedung Meneng, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung bernama Harida (50) menyedihkan dan tak tersentuh bantuan pemerintah. Wanita berusia 50 tahun tersebut hidup serba kekurangan di Desa Tanjung Sari RT. 01, RW. 02 Gunung Tapa Kecamatan Gedung Meneng, menjadi contoh belum meratanya distribusi bantuan Bansos.

Kesehariannya Harida dibantu oleh anaknya yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, meski berstatus warga miskin Harida belum tersentuh bantuan yang dikucurkan pemerintah.

Hidup sendiri di rumah yang sangat kecil dan tidak layak Harida menghabiskan hari tua dengan mengharap bantuan dari anak dan para darmawan.

Saat awak media mendatangi kediaman Harida sangat memprihatinkan kondisi dan keadaan rumah yang ditempatinya yang tidak layak itu. Saat ditanya oleh awak media apakah selama ini ibu Harida mendapat Bantuan Sosial (bansos) dari pemerintah.

Dengan nada yang sedih, Harida menceritakan dulu empat tahun yang lewat dia pernah dapat bantuan itu berupa uang tapi entah kenapa bantuan tersebut katanya hilang, keluhnya.

“Sampai sekarang saya tidak tersentuh bantuan baik berupa uang maupun beras, kadang saya sedih lihat tetangga pada dapat bantuan beras, tapi saya enggak dapat bantuan, saya berharap bisa mendapat bantuan seperti warga lainnya”, pintanya.

“Dulu saya pernah didata KTP dan Kartu Keluarga saya diminta, kemudian saya diminta uang 150 ribu katanya untuk urus supaya bisa dapat bantuan, tapi nyatanya sampai sekarang saya tidak dapat bantuan”, jelasnya.

Atas informasi tersebut awak media dan tim yang bernaung di Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO-I) mencoba meminta keterangan dari Kepala Kampung Gunung Tapa, Kipli, terkait salah seorang warganya yang tidak tersentuh Bansos itu.

Tapi sayang, saat lakukan kunjungan ke Balai Kampung Gunung Tapa, kantor tampak tertutup rapat tidak ada seorang pun pegawai kampung yang terlihat meski hari Senin ditanggal 10 Juni 2024 pukul 10:00 WIB.

Tim kemudian bertanya, kepada warga setempat mengapa kantor di jam kerja masih tertutup tidak ada seorang pegawai yang kerja. Kondisi kantor seperti tidak terawat pasalnya banyak kotoran dan debu terlihat.

“Kantor Kampung ini emang jarang buka pak enggak tau pada kemana pegawainya, Kepala Kampung pun tidak pernah kelihatan ngantor, makanya kantor tidak terawat. Lihat rumput sudah pada tinggi-tinggi dan kantor tampak kotor”, terangnya.

Sampai berita ini diterbitkan Kepala Kampung Gunung tapa belum bisa diminta keterangannya terkait salah satu warganya yang tidak tersentuh Bansos tersebut.

Atas peristiwa tersebut diharapkan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui Dinas Sosial agar dapat segera menindak lanjuti keluhan warga kurang mampu di Kampung Gunung Tapa yang tidak tersentuh Bantuan Sosial ini. (tim)