Terputar

Title

Artist


Toyota dan Daihatsu akhirnya sepakat untuk membuat mobil listrik kompak harga terjangkau

Ditulis oleh pada April 13, 2024

Toyota dan Daihatsu akhirnya sepakat untuk membuat mobil listrik kompak harga terjangkau. Dilaporkan Drive, Sabtu (13/4/2024), mobil listrik kompak itu akan hadir dalam bentuk mini van.

Jadi setelah berhasil diproduksi, mobil listrik harga terjangkau itu nantinya akan berhadap-hadapan dengan mini van listrik lain seperti Mitsubishi L100 EV yang saat ini dijual di Indonesia.

“Daihatsu yang akan merancang dan membuat mobil listrik itu untuk Toyota. Daihatsu sudah siap menerima tantangan dari Toyota,” sebut Drive.

Hanya saja Toyota dan Daihatsu tidak memberikan gambaran mengenai harga mobil listrik mini van itu. Hanya saja pasar mobil kecil di Jepang memang sangat tinggi.

Mobil imut yang kerap disebut sebagai kei car itu memiliki market share yang besar dibanding mobil-mobil penumpang lain yang dipasarkan di negeri matahari terbit itu. Sayangnya jumlah kei car jenis mini van bertenaga listrik masih sangat terbatas.

Perusahaan mobil asal Jepang seperti Nissan, Honda, dan Mitsubishi memang sudah mencoba lebih dulu memasarkan mobil listrik mini van. Kini giliran Toyota dan Daihatsu yang ikut meramaikan pasar tersebut.

“Mitsubishi bahkan sudah memasarkan mobil listrik kecil itu di Indonesia dan segera di Australia,” tulis Drive.

Sebenarnya rencana Daihatsu membuat mobil listrik mini van sudah ada sejak 2021. Saat itu mereka akan melakukan kerja sama dengan Suzuki untuk membuat mobil niaga ringan bertenaga listrik.

Sayangnya setelah itu Daihatsu mengalami banyak masalah. Terbaru adalah skandal uji keselamatan yang terjadi karena adanya kesalahan pengujian produksi mobil. Masalah itu bahkan membuat Toyota merombak seluruh jajaran eksekutif Daihatsu.