Terputar

Title

Artist


Laporan ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO) menyebut ekonomi Indonesia diperkirakan tetap tumbuh di atas 5% pada 2024 dan 2025

Ditulis oleh pada April 9, 2024

Laporan ASEAN+3 Macroeconomic Research Office (AMRO) menyebut ekonomi Indonesia diperkirakan tetap tumbuh di atas 5% pada 2024 dan 2025. Ekonomi Indonesia diprediksi mengalami pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil sebesar 5,2% pada 2024 dan 2025.

“Indonesia cukup mengagumkan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi selalu sedikit di atas 5%, bahkan di tengah pandemi. Pertumbuhannya telah berada dalam kisaran 5% hingga 5,3%,” kata ekonom utama AMRO, Hoe Ee Khor, dalam konferensi pers Senin (8/4/2024).

Indonesia telah berhasil menyelenggarakan pemilu satu hari terbesar di dunia, dengan Prabowo Subianto yang menjabat sebagai menteri pertahanan saat ini, ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. Prabowo rencananya akan dilantik pada 20 Oktober 2024, menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Khor menilai Prabowo akan meneruskan kebijakan Jokowi, sehingga pertumbuhan ekonomi saat ini akan berlanjut pada periode pemerintahan berikutnya.

“Pemerintah mendatang sangat dekat dengan yang sekarang. Kami menilai tidak akan ada perubahan kebijakan yang besar. Tentu saja, pemerintahan baru memiliki prioritas dan kebijakan sendiri. Beberapa di antaranya akan sangat bergantung pada kemampuan (pemerintah) untuk mengumpulkan lebih banyak pendapatan. Misalnya, untuk program makan siang gratis yang menelan anggaran sangat besar,” kata Khor.

Prabowo sendiri dalam beberapa kesempatan telah mengungkapkan akan meneruskan kebijakan Jokowi. Sementara itu, makan siang gratis untuk siswa menjadi salah satu program yang ditawarkan Prabowo dan pendampingnya yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai strategi untuk mengurangi angka stunting.

Perkiraan awal program tersebut akan memerlukan anggaran sekitar Rp 120 triliun pada tahun pertama implementasinya, hingga meningkat menjadi Rp 450 triliun pada 2029. Dalam debat calon presiden terakhir, 4 Februari 2024, Prabowo mengeklaim makan siang gratis untuk siswa sekolah dapat meningkatkan ekonomi Indonesia minimal 1,5% hingga 2%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani baru-baru ini mengatakan pemerintah akan memberikan ruang fiskal dalam APBN 2025 untuk kemungkinan program tersebut bisa dijalankan. Khor menilai pemerintah berikutnya harus menjaga defisit fiskal di bawah 3%, seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

“Selama beberapa tahun terakhir, Indonesia telah sangat hati-hati dalam kebijakan fiskal, dan bahkan mempertahankan defisit fiskal di bawah 3%. Jika tetap pada batas defisit 3%, itu akan menghindari pemborosan, kecuali Indonesia bisa mengumpulkan lebih banyak pendapatan,” kata Khor.

“Selama makroekonomi tetap relatif stabil dalam hal kebijakan fiskal-moneter, ekonomi Indonesia dapat terus tumbuh di atas 5%,” tambahnya.

Untuk mempercepat pertumbuhan, Khor menilai Indonesia juga perlu meningkatkan kemampuannya untuk menarik penanaman modal asing (foreign direct investment atau FDI), terutama dalam sektor ekosistem energi terbarukan dan kendaraan listrik (electric vehicle atau EV).

Indonesia telah menetapkan target investasi pada 2024 sebesar Rp 1.650 triliun tahun ini, naik dari target tahun sebelumnya sebesar Rp 1.400 triliun. Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang 2023 mencapai Rp 1.418,9 triliun, dengan 52,4% berasal dari PMA.