Terputar

Title

Artist


Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) berharap tim Prawira Harum Bandung bisa menyusul Pelita Jaya Jakarta yang lolos ke kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024

Ditulis oleh pada April 7, 2024

Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) berharap tim Prawira Harum Bandung bisa menyusul Pelita Jaya Jakarta yang lolos ke kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 putaran 2.

Rencananya kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 putaran 2 akan  diselenggarakan di Jakarta, 23-26 April.

“Pelita Jaya sudah pasti lolos. Kita berdoa untuk Prawira Harum Bandung bisa menyusul untuk lolos,” ujar Ketum PP Perbasi Danny Kosasih ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu (6/4/2024). Ia mengajak semua pecinta basket Indonesia untuk memberikan dukungan siapa pun wakil Indonesia di babak selanjutnya BCL Asia.

Pelita Jaya telah memastikan diri lolos seusai mengemas dua kemenangan dalam penyisihan grup B di UG Arena Ulaanbataar Mongolia. Pertama, mereka menghajar wakil Thailand, Hi-Tech Basketball Club dengan skor 99-81 pada 3 April 2024.

Kemudian di laga kedua menaklukkan Ulaanbataar XAC Broncos 89-83 dalam laga yang berlangsung pada 4 April.

Pelita Jaya mengunci tiket kualifikasi BCL Asia 2024 putaran kedua dengan status juara grup B. Lawan Pelita Jaya di putaran kedua kualifikasi BCL Asia 2024 masih menunggu klasemen akhir grup B dan grup A.

Pelita Jaya di putaran pertama kualifikasi BCL Asia 2024 masih menyisakan satu pertandingan lagi. Lawannya adalah juru kunci grup B Adroid Club yang merupakan wakil Singapura. Laga ini akan berlangsung di UG Arena Ulaanbataar pukul 14.00 WIB. Wakil Indonesia lainnya di BCL Asia masih berjuang lolos ke ronde kedua, yaitu Prawira Harum Bandung. Langkah Prawira Harum Bandung ke babak kedua kualifikasi BCL Asia 2024 tersendat setelah mengalami kekalahan atas Hong Kong Eastern 79-74 di laga kedua grup A.

Prawira masih ada kesempatan menyusul Pelita Jaya ke Jakarta dengan sapu bersih kemenangan di laga selanjutnya.

Peserta babak kedua kualifikasi BCL Asia 2024 yang berlangsung di Jakarta ada 4 tim. Mereka adalah juara dari grup A dan grup B. Kemudian dua tim pemenang dari pertemuan silang peringkat 2 dan 3 grup.

“Sebagai tuan rumah putaran kedua, sangat menantikan dua wakil kita lolos putaran kedua Kualifikasi BCL Asia dan berharap amankan tiket ke BCL Asia 2024,” terang Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Menurutnya akan jadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia jika para wakil Indonesia mampu menjaga peluang ke babak utama BCL Asia 2024. Dari babak kualifikasi ini, tersedia dua tiket ke BCL Asia 2024.

Di BCL Asia 2024, dua tim yang lolos dari fase kualifikasi ini akan bersaing dengan wakil Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Filipina serta wakil terbaik dari Asia Barat Super League. Total 8 tim akan kembali bersaing perebutkan titel sebagai klub terbaik di Asia.