Terputar

Title

Artist


Tim nasional (Timnas) Indonesia mengalami lonjakan peringkat tertinggi dalam daftar terbaru FIFA yang dikeluarkan

Ditulis oleh pada April 5, 2024

Tim nasional (Timnas) Indonesia mengalami lonjakan peringkat tertinggi dalam daftar terbaru FIFA yang dikeluarkan pada Kamis (4/4/2024). Berkat dua kemenangan berturut-turut atas Vietnam, skuad Garuda mengalami lonjakan sebanyak 8 tingkat dari posisi 142 menjadi peringkat 134 dunia saat ini.

Indonesia juga menjadi negara dengan koleksi poin terbanyak, dengan penambahan sebanyak 30,04 poin hasil dari menyapu bersih kemenangan selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tambahan poin ini membuat Indonesia melonjak ke posisi 134 dengan total 1.102,7 poin. Ini merupakan peringkat terbaik yang diraih dalam 13 tahun terakhir oleh skuad Garuda, yang sebelumnya terakhir kali menempati peringkat 140 besar dunia pada 19 Oktober 2011.

Dengan berada di posisi 134 dunia, Indonesia kini melampaui peringkat negara tetangga Malaysia yang turun ke peringkat 138. Skuad Garuda kini berada di peringkat ketiga di zona Asia Tenggara, dengan selisih 62 poin dari Vietnam yang berada di peringkat 115 dunia. Di zona ASEAN, Thailand masih memimpin dengan peringkat 110 dunia dengan total 1208,93 poin.

Di antara 10 besar dunia, Argentina masih mendominasi di posisi teratas, diikuti Prancis di posisi kedua. Belgia menempati podium ketiga, dengan menggusur Inggris yang turun satu peringkat ke posisi empat. Brasil menempati posisi kelima, sementara Portugal naik satu peringkat menjadi posisi enam.

Belanda turun ke posisi tujuh, sedangkan Spanyol, Italia, dan Kroasia menempati posisi delapan, sembilan, dan sepuluh berturut-turut.