Terputar

Title

Artist


 Dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas dalam kontak tembak di area Mile 69, distrik Tembagapura, Mimika, Papua Tengah

Ditulis oleh pada April 5, 2024

Dua anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas dalam kontak tembak di area Mile 69, distrik Tembagapura, Mimika, Papua Tengah, Kamis (4/4/2024). Saat ini kedua jenazah KKB sedang dievakuasi dari TKP untuk dibawa ke Timika.

Lokasi kontak tembak berada di tebing terjal dan hutan belantara menyulitkan aparat melakukan evakuasi.

“Kedua jenazah akan kami evakuasi ke tempat aman untuk memudahkan kami melakukan identifikasi secara terperinci,” ujar Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024 AKBP Bayu Suseno di Mimika, Kamis (4/4/2024).

Kedua anggota KKB tersebut teridentifikasi bernama Abubakar Kogoya dan Demianus Magay. Abubakar Kogoya diketahui merupakan salah satu pentolan KKB Tembagapura yang selama ini melakukan serangkaian aksi penembakan.

Bayu memastikan Abubakar Kogoya dan Demianus Magay hingga kini aktif sebagai anggota KKB yang berbasis di wilayah Tembagapura.

“Kedua Anggota KKB aktif itu dinyatakan meninggal dunia dalam penegakan hukum oleh satgas Ops Damai Cartenz di sekitar Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Mimika,” ucap Bayu.

Kedua KKB itu bersama kelompoknya sempat terlibat kontak tembak sengit dengan Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz bersama Satgas Amole (pengamanan Obvitnas PT Freeport Indonesia) dan Satgas Nanggala TNI.

Bayu mengatakan, selain menembak mati dua anggota KKB, aparat juga berhasil mengamankan barang bukti senjata api laras pendek jenis sig sauer beserta satu magasin dan amunisinya.

Menurut Bayu, upaya penindakan ini menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman kelompok kriminal bersenjata.

“Penegakan hukum terhadap KKB ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz dalam upaya mengatasi keamanan di wilayah Mimika,” tuturnya.