Terputar

Title

Artist


Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan memfokuskan upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi para korban banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan

Ditulis oleh pada Maret 15, 2024

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan memfokuskan upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi para korban banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Risma menyatakan bahwa beberapa wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan masih sulit dijangkau oleh petugas bantuan, sehingga kebutuhan akan air bersih menjadi salah satu prioritas utama.

“Kami akan mengirim petugas untuk menyediakan air bersih. Persiapan sudah kami lakukan. InsyaAllah, akan cukup untuk dua desa, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (14/3/2024).

Saat bertemu dengan para korban di daerah terdampak, mensos berdiskusi langsung dengan mereka untuk mengetahui kebutuhan mendesak yang mereka alami saat ini.

Setelah mendapatkan masukan dari masyarakat, pemerintah segera mengirimkan bantuan dalam bentuk kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan air bersih.

Selain itu, Menteri Risma juga memberikan perhatian khusus terhadap kekurangan penerangan di wilayah tersebut, dan menyumbangkan dua unit genset lengkap untuk membantu aktivitas masyarakat di malam hari.

Pemerintah juga berjanji akan menyediakan alat berat untuk membantu proses pembersihan lumpur yang masih menumpuk di permukiman dan jalanan. Menteri Risma mengajak masyarakat dan pemerintah setempat untuk tetap bersatu dan bergerak maju, meskipun tantangan yang dihadapi terasa berat.

“Saya akan menyediakan alat berat, tetapi proses pembersihannya harus dilakukan oleh masyarakat sendiri. Saya paham ini tidak mudah, tetapi kita harus terus maju agar dapat bangkit kembali,” tandasnya.

Selain itu, Menteri Risma berencana untuk memperluas kapasitas dapur umum di Kecamatan Batang Kapas. Saat ini, dapur umum tersebut mampu memproduksi 2.000 bungkus nasi per hari. Namun, masih ada sebagian warga yang belum mendapatkan bantuan pangan.

“Maka dari itu, saya akan membantu menyediakan alat masak dan bahan-bahannya. Jika ibu-ibu bersedia, mereka bisa membantu dalam proses memasak,” katanya.

Selain meninjau kondisi warga dan lingkungan yang terdampak, mensos juga memberikan santunan kepada keluarga dari 26 korban jiwa di Kabupaten Pesisir Selatan.

Hingga saat ini, Kementerian Sosial telah memberikan bantuan senilai Rp 1.688.170.000 untuk Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari bantuan logistik tanggap darurat, bantuan alam, perlengkapan dapur umum, bantuan beras, serta santunan bagi keluarga korban yang masing-masing mendapatkan Rp15 juta.