Terputar

Title

Artist


Lima negara di kawasan Asia Tenggara yaitu, Brunei Darussalam. Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia sudah mengumumkan awal bulan Ramadan

Ditulis oleh pada Maret 11, 2024

Lima negara di kawasan Asia Tenggara yaitu, Brunei Darussalam. Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia sudah mengumumkan awal bulan Ramadan yang menandai dimulainya ibadah puasa untuk umat Muslim.

Sebelumnya, Brunei Darussalam menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang mengumumkan, hari pertama puasa berlangsung pada Selasa 12 Maret 2024. Hal ini dilakukan karena pihak yang berwenang di negara kerajaan itu tidak dapat melihat penampakan bulan sabit (hilal) di sejumlah lokasi.

Setelah Brunei, Malaysia juga mengumumkan bahwa bulan sabit yang menandai berakhirnya bulan Syakban dan masuknya bulan Ramadan tidak mungkin terlihat. Sehingga negara itu memutuskan pada Selasa 12 Maret 2024 akan menjadi hari pertama bulan suci Ramadan.

Berikutnya, pengumuman dari Kementerian Agama Republik Indonesia, yang juga menyatakan, bahwa hari Selasa adalah hari pertama Ramadan, dan besok, Senin, adalah tanggal 30 Syakban. Bulan sabit belum berhasil diamati di seluruh titik pengamatan di Indonesia.

Mufti Singapura, Dr Nazirudin Mohd Nasir mengumumkan bahwa menurut perhitungan astronomi, bulan sabit Ramadan tidak mungkin terlihat di atas cakrawala Singapura ketika matahari terbenam pada Minggu malam.

“Oleh karena itu, dengan bangga saya nyatakan bahwa hari pertama puasa Ramadan jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024,” katanya.

Di Filipina, GMA News melaporkan bahwa Bangsamoro Darul-Ifta’ (BDI) mengumumkan Ramadan akan dimulai pada Selasa 12 Maret 2024 karena bulan sabit juga tidak terlihat pada Minggu malam.

Sementara itu, di negara-negara Arab, komite pengamatan bulan berkumpul hari ini setelah salat Magrib untuk mengamati bulan sabit, yang menandai awal Ramadan.

Ramadan, bulan kesembilan dalam kalender Islam, adalah waktu di mana umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam.