Terputar

Title

Artist


Apple telah membatalkan rencananya untuk masuk ke pasar mobil listrik dan beralih fokus ke dunia AI generatif yang sedang populer

Ditulis oleh pada Maret 4, 2024

Apple telah membatalkan rencananya untuk masuk ke pasar mobil listrik dan beralih fokus ke dunia AI generatif yang sedang populer.

Proyek mobil listrik yang dikenal dengan nama “Project Titan” ini dilaporkan sudah dimulai sejak 2014 dan diharapkan akan menjadi pesaing yang serius bagi Tesla dan perusahaan lainnya. Namun, harapan itu tidak pernah menjadi kenyataan.

Tidak hanya mobil listrik, ada beberapa proyek yang juga gagal dieksekusi Apple. Dilansir dari Tech Crunch, Minggu (3/3/2024), berikut ini daftarnya:

Air Power
Alas pengisi daya nirkabel yang diumumkan pertama kali oleh Apple pada 2017 diharapkan dapat mengisi daya hingga tiga perangkat sekaligus menggunakan standar Qi. Namun, proyek ini dibatalkan pada 2019 karena gagal mencapai standar yang diinginkan.

Televisi Apple
Televisi Apple (bukan Apple TV) merupakan proyek yang telah lama dirumorkan, tetapi tidak pernah diwujudkan Apple. Tadinya  perangkat TV ultra high definition ini diharapkan akan diluncurkan pada 2011.

Vademecum
Apple telah membuat prototipe tablet jauh sebelum meluncurkan iPad pertama. Namun, proyek tersebut terpaksa dihentikan karena dianggap tidak ada pasar untuk komputer tablet pada saat itu.

MessageSlate
Pada waktu yang hampir bersamaan dengan Vademecum, Apple juga sedang mengembangkan proyek berbasis OS Newton yang disebut MessageSlate. Namun, proyek ini dibatalkan dan digantikan oleh MessagePad, versi lebih kecil dari prototipe MessageSlate.

WALT: 
Sebelum iPhone, Apple sempat menguji “telepon Mac” yang disebut WALT. Namun, perangkat ini tidak pernah dibahas secara publik oleh perusahaan.

PenLite
Pada 1992, Apple mengembangkan tablet lain bernama PenLite. Namun, proyek ini juga dibatalkan karena dianggap belum ada pasar yang siap.