Terputar

Title

Artist


Merawat kendaraan tentu sangat penting agar menjaga penampilan mobil atau motor untuk tetap berkilau dan tidak rusak, terutama ketika musim hujan

Ditulis oleh pada Maret 1, 2024

Merawat kendaraan tentu sangat penting agar menjaga penampilan mobil atau motor untuk tetap berkilau dan tidak rusak, terutama ketika musim hujan.

Dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu ini, ada tips sederhana, tetapi penting untuk merawat cat mobil agar terlindungi dan terawat dengan baik.

Berikut ini delapan tips penting merawat cat mobil saat musim hujan, yang dikutip dari berbagai sumber, Kamis (29/2/2024).

1. Cuci mobil
Mencuci mobil juga merupakan tips untuk merawat agar cat mobil tetap berkilau saat musim hujan. Karena membersihkan mobil secara rutin akan menghilangkan lumpur, pasir, dan garam jalan, zat korosif yang dapat mengikis cat.

2. Parkir mobil di dalam
Anda juga bisa menyimpan mobil di garasi tertutup apabila memungkinkan. Hal ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk merawat cat mobil saat musim hujan.

3. Menggunakan lilin khusus
Tips lainnya adalah dengan mengaplikasikan lilin atau wax khusus untuk mobil, yang berfungsi sebagai pelindung terhadap air dan kotoran. Lapisan lilin yang dirawat dengan baik akan melindungi cat mobil Anda dari kerusakan akibat hujan.

4. Melakukan perawatan
Perawatan berkala pada mobil juga penting dilakukan. Selain menjaga kondisi cat, perhatikan juga bagian interior mobil agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah ke depannya.

5. Hindari banjir
Melintasi jalanan banjir juga salah satu penyebab dari kerusakan cat mobil. Hal itu karena Anda tidak bisa memastikan di dalam air ada benda tajam atau sesuatu yang dapat merusak cat mobil. Lebih baik jika Anda menghindari jalanan yang terendam banjir.

6. Berkendara dengan aman
Menjaga jarak aman dengan pengendara lain juga merupakan cara untuk merawat cat mobil Anda tidak lecet. Tips ini tidak hanya digunakan ketika sedang musim hujan saja, tetapi agar Anda selalu berhati-hati saat berkendara.

7. Keringkan mobil dengan benar
Jika mobil Anda terkena air hujan dan tidak melakukan pengeringan mobil dengan menyeluruh, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil. Hindari membiarkan mobil Anda kering dengan sendirinya, karena dapat meninggalkan noda dan endapan mineral pada cat.

8. Gunakan penutup mobil
Jika Anda tidak memiliki garasi tertutup, maka bisa mempertimbangkan untuk membeli penutup mobil untuk melindungi dari hujan. Karena saat mobil tidak digunakan, penutup mobil dapat melindungi cat dari air hujan dan kerusakan lainnya.