Terputar

Title

Artist


Kesehatan reproduksi pria penting untuk dijaga dengan menjalankan pola hidup sehat, serta menghindari kebiasaan yang dapat merusak kualitas sperma

Ditulis oleh pada Februari 25, 2024

Kesehatan reproduksi pria penting untuk dijaga dengan menjalankan pola hidup sehat, serta menghindari kebiasaan yang dapat merusak kualitas sperma.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menjelaskan, sperma diproduksi berdasarkan hormon yang dihasilkan oleh otak dan testis. Selain itu, sperma juga dipengaruhi oleh enzim yang diproduksi oleh hati. Karena itu, merokok yang dapat merusak kesehatan hati juga berpotensi mengganggu kualitas sperma.

“Kalau hatinya rusak, spermanya juga tidak akan bagus,” kata Hasto Wardoyo, dilansir dari Antara, Minggu (25/2/2024).

Hasto menyarankan agar menghindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kualitas sperma. Ia juga mengingatkan, berendam dalam air hangat dalam waktu yang lama dapat memengaruhi pergerakan sperma menuju sel telur.

Selain itu, Hasto mengingatkan para calon pengantin untuk memeriksakan kesehatan mereka dan mencatat data kesehatan ke dalam aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) sebagai alat skrining untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin.