Terputar

Title

Artist


 Ketika berusaha menelepon seseorang dengan cepat dari perangkat Android Anda, dan kemudian mendapati pesan “kartu SIM tidak terdeteksi” yang tiba-tiba muncul di ponsel Android bisa sangat mengganggu. Apalagi jika penggunanya ingin cepat-cepat menelpon seseorang

Ditulis oleh pada Februari 21, 2024

Ketika berusaha menelepon seseorang dengan cepat dari perangkat Android Anda, dan kemudian mendapati pesan “kartu SIM tidak terdeteksi” yang tiba-tiba muncul di ponsel Android bisa sangat mengganggu. Apalagi jika penggunanya ingin cepat-cepat menelpon seseorang.

Pesan kesalahan ini menunjukkan perangkat Anda tidak dapat membuat sambungan melalui kartu SIM. Artinya, Anda tidak bisa melakukan panggilan, mengirim SMS, atau menggunakan data seluler.

Penyebab dari masalah ini bisa bermacam-macam, kemungkinan ada masalah dengan kartu SIM itu sendiri, seperti kerusakan atau ketidakcocokan, masalah perangkat lunak dalam sistem operasi Android, termasuk versi yang usang atau masalah perangkat keras yang terkait dengan komponen internal ponsel.

Namun jangan khawatir, berikut ini lima langkah mudah untuk memperbaiki kartu SIM yang tidak berfungsi di ponsel Android Anda, dikutip dari Slashgear, Selasa (20/2/2024).

1. Memuat ulang ponsel
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba memuat ulang ponsel Anda. Tindakan sederhana ini sering kali sudah cukup untuk mengatasi gangguan kecil, termasuk beberapa masalah yang dapat membuat kartu SIM tidak terdeteksi.

2. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat
Sebelum melangkah ke langkah selanjutnya, lakukan beberapa pemeriksaan dasar. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat untuk memaksa perangkat Anda membuat kembali sambungan dengan jaringan.

3. Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar
Selanjutnya, periksa penempatan kartu SIM. Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar dan tidak longgar. Bersihkan kartu SIM dan slot dari debu dan kotoran yang mungkin mengganggu konektivitas.

4. Periksa pembaruan sistem operasi
Jika masalah terus berlanjut, Anda dapat mencoba memperbaikinya melalui perangkat lunak. Periksa pembaruan sistem operasi (operating system/OS) Android dan atur ulang pengaturan jaringan ke default.

5. Kunjungi tempat perbaikan ponsel
Jika semua upaya tersebut gagal, berkonsultasilah dengan ahlinya. Saat mengunjungi tempat perbaikan ponsel, pastikan untuk menjelaskan langkah-langkah yang telah Anda lakukan.

Informasi ini akan membantu mereka mendiagnosis masalah dengan lebih efisien. Penting untuk diingat, selalu cari layanan dengan ulasan bagus dan reputasi kualitas layanan saat memilih tempat perbaikan ponsel.