Terputar

Title

Artist


Perusahaan asal Tiongkok Geely Holding Group meluncurkan 11 satelit orbit rendah bumi untuk menyediakan navigasi akurat

Ditulis oleh pada Februari 5, 2024

Perusahaan asal Tiongkok Geely Holding Group meluncurkan 11 satelit orbit rendah bumi untuk menyediakan navigasi akurat serta mendukung keberadaan kendaraan otonom.

Dilansir dari Gizmochina Minggu (4/2/2024), 11 satelit itu diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Sichuan dan akan merencanakan peluncuran 72 satelit di 2025.

Geely menargetkan dalam jangka panjang akan meluncurkan total 240 satelit. Diketahui, satelit yang diluncurkan ini bukan sembarang satelit, karena sudah dilengkapi dengan articifial intelligence (AI) sehingga mampu menghasilkan gambar penginderaan jarak jauh yang jelas dari luang angkasa.

Sektor teknologi luar angkasa di Tiongkok sedang berkembang terutama dari perusahaan swasta sejak negara itu membuka investasi pada 2014.

Langkah yang dilakukan Geely ini menjadi lompatan besar sekaligus langkah ambisius, meskipun hal ini diakui jadi bagian dari pengembangan inovasi dan persaingan yang lebih besar di luar angkasa.

Ketika satelit telah mengorbit di luar angkasa, maka Geely akan menawarkan lebih dari sekedar navigasi canggih untuk mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi.

Selain itu, Geely juga menjanjikan peningkatan konektivitas untuk barang elektronik konsumen dengan memberikan gambaran masa depan di mana mobil, ponsel, dan perangkat kita lebih saling terhubung dari sebelumnya.