Terputar

Title

Artist


BYD yang berhasil menyalip Tesla sebagai pemimpin di pasar mobil listrik global mencatatkan pertumbuhan laba yang signifikan. Sepanjang 2023, laba bersihnya naik

Ditulis oleh pada Januari 31, 2024

BYD yang berhasil menyalip Tesla sebagai pemimpin di pasar mobil listrik global mencatatkan pertumbuhan laba yang signifikan. Sepanjang 2023, laba bersihnya naik hingga 86,5%.

Dilansir dari Gizmochina, Selasa (30/1/2024), 2023 memang menjadi periode pencapaian yang penting bagi BYD, dengan laba bersih diperkirakan antara US$ 4,04 miliar hingga US$ 4,32 miliar.

Salah satu strategi kunci BYD adalah ekspansinya ke pasar internasional di luar Tiongkok. BYD telah berhasil memasuki pasar global, termasuk peluncuran tiga model EV baru di Indonesia.

Pencapaian penjualan BYD juga mencerminkan tren positif ini. Pada kuartal IV 2023, BYD berhasil menjadi produsen kendaraan listrik teratas berdasarkan penjualan dengan mengirimkan 526.409 kendaraan. Angka ini melampaui jumlah pengiriman mobil Tesla sebesar 484.507 unit. Selama 2023, BYD berhasil menjual sekitar 3,02 juta kendaraan atyau meningkat 61,9%.

Selain bisnis otomotifnya, BYD juga berkembang di sektor komponen elektronik, terutama ponsel pintar, menunjukkan pendekatan bisnis yang beragam.

Kesuksesan BYD dan juga produsen otomotif China lainnya juga sempat membuat CEO Tesla Elon Musk khawatir. Musk menyebut mobil listrik China bisa “menghancurkan” sebagian besar perusahaan mobil listrik global apabila tidak ada hambatan perdagangan.

“Mobil listrik China sangat kompetitif dan bisa sukses besar di luar negaranya. Hal ini tergantung pada hambatan perdagangan atau jenis tarifnya,” kata Elon Musk.