Terputar

Title

Artist


Hujan deras yang mengguyur wilayah Tulungagung, Jawa Timur, mengakibatkan puluhan rumah di Desa Joho

Ditulis oleh pada Januari 28, 2024

Hujan deras yang mengguyur wilayah Tulungagung, Jawa Timur, mengakibatkan puluhan rumah di Desa Joho, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, diterjang banjir bandang, Sabtu (27/1/2024).

Datangnya banjir bandang sempat direkam oleh warga. Terlihat air banjir merendam puluhan rumah. Meski banjir bandang hanya berlangsung singkat, tetapi air sempat masuk ke rumah-rumah warga dan merobohkan dua tembok pekarangan warga yang berada di dekat sungai.

Setelah banjir mereda, warga bersama anggota TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung bergotong royong membersihkan batang bambu yang menyangkut di sungai. Namun, karena material yang menyangkut terlalu banyak, pembersihan secara manual hanya bisa dilakukan agar air bisa mengalir.

Kapolsek Kalidawir AKP Sudariyanto mengatakan, banjir terjadi seusai hujan deras mengguyur kawasan tersebut. Banjir bandang diakibatkan luapan sungai di desa setempat karena alirannya tersumbat oleh bambu yang terbawa arus dan menyangkut di jembatan. Luapan air sungai membanjiri rumah warga yang berada di radius sekitar 150 meter dari sungai.

“Banjir bandang disebabkan sungai tersumbat oleh rerimbunan bambu yang menyumbat di jembatan, sehingga air meluber dan merendam puluhan rumah. Air sungai meluap dan membanjiri rumah-rumah warga sekitar sungai dengan radius sekitar 150 meter dari sungai,” kata Kapolsek Kalidawir AKP Sudariyanto

Karena banyaknya material yang menyumbat jembatan, petugas kemudian mendatangkan alat berat untuk membersihkan seluruh material yang menjadi penyebab banjir.