Terputar

Title

Artist


Dua negara Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar

Ditulis oleh pada Januari 26, 2024

Dua negara Asia Tenggara, Indonesia dan Thailand melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar.

Timnas Indonesia akan menantang langganan Piala Dunia Australia dan Thailand menandang Uzbekistan. Partai Indonesia melawan Australia akan digelar pada Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB di Stadion Jassim bin Hamad, Al Rayyan.

Sementara pertandingan Thailand bertemu Uzbekistan akan digelar pada Selasa, 30 Januari 2024 mulai pukul 18.30 WIB. Laga ini akan dilaksanakan di Stadion Al Naoub, Al Wakrah.

Kepastian Indonesia mendapat tiket fase berikutnya setelah dalam pertandingan terakhir di grup F, Kisgizstan mampu menahan imbang Oman, 1-1. Indonesia pun menorehkan sejarah untuk pertama kalinya lolos ke 16 besar di ajang Piala Asia. Dalam empat keiikursertaan sebelumnya, tim Merah Putih selalu kandas di babak penyisihan grup.

Dengan hasil ini Oman pun gagal melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2024. Mereka tersisih karena gagal menjadi sebagai salah satu peringkat terbaik dalam kejuaraan di Qatar ini.

Hasil ini justru menguntungkan Indonesia yang lolos setelah mempertahankan posisi sebagai salah satu peringkat dari empat peringkat terbaik dan berhak lolos ke 16 besar. Dalam klasemen peringkat ketiga terbaik Indonesia berada di posisi keempat setelah Yordania, Palestina, dan Suriah.

Sementara Thailand lolos ke babak 16 besar setelah menjadi runner up grup F. Juara grup F diisi Arab Saudi dengan tujuh poin yang dalam pertandingan terakhir di Stadion Education City bermain imbang tanpa gol melawan Thailand. Smeentara Thailnad menjadi runner up grup dengan raihan lima poin.

Posisi ketiga di grup ini ditempati Oman dengan dua poin. Sementara Kirgizstan berada di posisi terakhir karena hanya memetik satu poin dari tiga laga.

Dengan demikian pada babak 16 besar Indonesia akan bertemu Australia yang menjadi juara di grup B. Babak 16 besar lainnya akan mempertemukan Tajikistan melawan Uni Emirat Arab, Irak melawan Yordania, Arab Saudi bertemu Korea Selatan, Iran melawan Suriah, Jepang ditantang Jepang, tuan rumah Qatar akan berjumpa Palestina, dan Uzbekistan akan bertarung melawan wakil Asia Tenggara lainnya, Thailand.