Terputar

Title

Artist


Komisioner KPU August Mellaz membeberkan alasan pihaknya memutuskan dan menetapkan debat cawapres

Ditulis oleh pada Januari 18, 2024

Komisioner KPU August Mellaz membeberkan alasan pihaknya memutuskan dan menetapkan debat cawapres pada Minggu (21/1/2024) mendatang dipandu oleh dua moderator perempuan. Hal tersebut, kata August, berbeda dari tiga debat sebelumnya di mana moderator berdiri dari perempuan dan laki-laki.

“Dua orang moderator debat ke empat Pilpres 2024, semuanya perempuan, mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar,” ujar August di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

August menegaskan penunjukan dua moderator perempuan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara KPU dengan tim pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres dan televisi penyelenggara debat.

“Ya kalau ini sih urusannya pengalaman, kompetensi, dan kemudian mewakili juga dari stasiun televisi penyelenggara dengan mengajukan figur-figur yang sangat kompeten,” tandas August.

Apalagi, kata August, moderator merupakan figur-figur yang mewakili masing-masing televisi penyelenggara. Diketahui, televisi penyelenggara debat cawapres kali ini adalah Metro TV dan Emtek Group yang terdiri dari SCTV dan Indosiar

“Jadi media penyelenggara tentu saling berupaya untuk mengajukan figur yang sangat kompeten sangat menguasai terkait pelaksanaan debat menjadi moderator. Jadi ada alternatif dan kemudian pimpinan KPU memutuskan debat kedua ini dua-duanya perempuan,” pungkas August.

Debat kali ini akan mempertemukan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Debat cawapres ini akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) pada Pukul 19.00 WIB.