Terputar

Title

Artist


Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan pihaknya optimistis terkait target penjualan hingga mencapai 1 juta

Ditulis oleh pada Januari 4, 2024

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan pihaknya optimistis terkait target penjualan hingga mencapai 1 juta unit pada Desember 2023.

“Kalau semua data-datanya itu kan emang belum terkumpul ya, tapi kita cukup yakin bisa tembus satu juta,” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara, dikutip dari Antara, Rabu (3/1/2024).

Menurut data Gaikindo, penjualan pabrik ke diler selama bulan Januari hingga November mencapai 920.758 unit, mengalami penurunan sekitar 2,3 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Untuk penjualan ritel dari diler ke konsumen, Gaikindo mencatat sekitar 908.343 unit, dengan penurunan sebesar 0,1 persen dibandingkan tahun lalu.

Kukuh Kumara berharap penjualan dapat mencapai satu juta unit, terutama di bulan Desember yang menjadi fokus utama meskipun ada banyak hari libur. Meski demikian, Gaikindo tetap optimis dalam mengembangkan industri otomotif nasional, dan mereka yakin tahun berikutnya akan memberikan hasil positif.

Untuk mencapai target pada tahun depan sebanyak 1,1 juta unit, Gaikindo tetap memantau kondisi perekonomian, pasar, dan faktor-faktor yang belum dipastikan. Mereka melihat bahwa kehadiran merek-merek baru juga dapat menjadi dorongan positif untuk mencapai angka tersebut.

Terlepas dari iklim pemilihan umum (pemilu) yang akan mengisi tahun 2024, Gaikindo meyakini bahwa hal ini tidak akan memberikan dampak negatif pada industri otomotif nasional dan ekspor.

“Kalau pemilu itu, sejak dulu dari data Gaikindo tidak pernah menunjukkan hasil negatif ya. Justru malah naik, karena banyak yang butuh kendaraan sebagai operasional dan lain sebagainya. Jadi jangan kaitkan pemilu untuk memberikan dampak buruk kepada industri kita ini,” begitu menurut dia.