Terputar

Title

Artist


berikut ini tujuh tips merawat AC mobil yang dihimpun dari berbagai sumber.

Ditulis oleh pada Desember 19, 2023

Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak orang memanfaatkan kesempatan ini untuk berlibur atau mudik bersama keluarga mereka. Penggunaan mobil pribadi adalah salah satu cara untuk pergi saat libur Nataru.

Karena mobil memiliki fitur yang lebih kompleks daripada motor, keluarga yang menggunakan mobil untuk liburan harus melakukan pengecekan yang lebih menyeluruh. Salah satu fitur paling penting untuk kenyamanan berkendara selama menghadapi liburan Nataru adalah air conditioning atau AC.

Tidak sedikit orang yang mengalami masalah pada AC mobil mereka. Misalnya, AC mengalami bau apek dan kurang dingin. Masalah ini pasti akan mengganggu kenyaman dalam berkendara.

Oleh karena itu, untuk para keluarga yang ingin berlibur Nataru, berikut ini tujuh tips merawat AC mobil yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Jaga kebersihan lantai mobil
Pastikan lantai mobil tetap bersih untuk membantu menjaga udara di dalam kabin tetap segar. Filter AC pun tidak perlu bekerja terlalu keras untuk membersihkan debu dan kotoran, sehingga tahan lebih lama.

2. Cuci bagian kondensor AC
Saat mencuci mobil, fokuskan juga pada bagian kondensor AC. Bagian ini memiliki fungsi serupa dengan radiator dan terletak di depannya. Semprotkan air kencang pada kondensor untuk menghilangkan kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan dan kebocoran.

3.  Parkir di tempat yang teduh
Jika parkir dalam waktu lama, cari tempat parkir yang teduh. Parkir di tempat yang panas dapat membuat interior mobil terlalu panas dan memerlukan waktu lama untuk mendinginkannya. Parkir di tempat teduh mengurangi beban pendinginan saat mobil kembali digunakan.

4. Hindari merokok di dalam mobil
Jangan merokok di dalam mobil sebab asapnya dapat merusak evaporator dengan menempelkan nikotin lengket dan berlendir. Hal ini akan menyebabkan bau tak sedap yang sulit dihilangkan.

5. Tidak menggunakan AC terus menerus
Saat melakukan perjalanan jauh, matikan AC beberapa saat sebelum kembali menyalakannya. Hal ini membantu mencegah kabin mobil terlalu dingin secara terus menerus dan menghindari risiko pembekuan pada saluran AC.

6. Pastikan extra fan kipas hidup
Selalu periksa apakah extra fan kipas di depan kondensor hidup saat AC dinyalakan. Extra Fan yang mati dalam kondisi AC hidup dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor atau bahkan merusak selang kompresor.

7. Lakukan perawatan AC secara berkala
Selalu lakukan perawatan rutin AC untuk memeriksa kondisi semua komponen, termasuk kompresor, receiver dryer, kondensor, evaporator, dan freon. Perawatan berkala membantu mencegah masalah yang lebih serius.