Terputar

Title

Artist


 Manchester City sukses menundukkan tuan rumah Luton Town dengan skor tipis, 2-1,

Ditulis oleh pada Desember 11, 2023

Manchester City sukses menundukkan tuan rumah Luton Town dengan skor tipis, 2-1, dalam partai Liga Inggris atau Premier League, Minggu (10/12/2023) di Stadion Kenilworth Road, Luton.

Dalam pertandingan lainnya Chelsea menelan kekalahan 0-2 saat melawat ke kandang Everton. Sementara Fulham menang telak 5-0 atas tamunya West Ham United.

Man City tertinggal lebih dulu setelah Elijah Adebayo menjebol gawang tim tamu pada pengujung babak pertama. Namun, di babak kedua The Citizens, julukan Man City, bangkit dan mencetak dua gol melalui aksi Bernardo Silva dan Jack Grealish.

Kemenangan ke-10 ini belum membawa Man City bergerak di klasemen. Mereka masih bertengger di posisi keempat dengan koleksi 33 poin dari 16 pertandingan. Erling Haaland dan kawan-kawan tertinggal dua poin oleh penghuni urutan ketiga Aston Villa. Sementara dangan pemimpin klasemen Liverpool. Man City tertinggal empat poin.

Sementara Luton Town  masih tercecer di posisi tertinggi zona degradasi atau urutan ke-18 karena baru meraih sembilan poin dalam 16 pertandingan.

Dalam laga di Stadion Goodison Park, Everoton sukses menundukkan Chelsea, 2-0. Dua gol The Toffees dicetak Abdoulaye Dacourt pada menit ke-52 serta Lewis Dubbin pada menit ke-90+2.

Dalam pertandingan di Kenilworth Road, Man City langsung menggebrak saat pertandingan baru berjalan dua menit. Bola dari Alvarez disambut kerja sama satu-dua antara Foden dan Bernardo Silva. Foden melepaskan tendangan dari sudut sempit berhasil ditepis Kaminski. Bola rebound kemudian disambut Silva dengan tendangan kaki kiri, tetapi melenceng dari sasaran.

Man City kembali membuat peluang pada menit ke-19. Menyusul serangan yang dilakukan tim tamu, Rodri kemudian melepaskan tendangan ke arah pojok atas gawang. Upaya pemain asal Spanyol itu kemudian dipatahkan Kaminski yang dengan refleks melakukan penyelamatan.

Pada menit ke-27, Kaminski kembali membuat penyelamatan gemilang. Bergerak di antara lini belakang dan barisan tengah lawan, Foden menerima sodoran Rodri dan bergerak ke tepi kotak penalti. Foden kemudian melepaskan tembakan terarah, tetapi bisa dicegah kiper asal Belgia itu melesak ke gawangnya.

Man City terus menguasai permainan hingga babak pertama usai, tetapi gagal membuahkan gol. Tim tamu justru kebobolan di pengujung babak pertama setelah striker Elijah Adebayo membobol gawang Ederson.

Berawal dari serangan balik yang dilakukan tuan rumah, Doughty melepaskan bola kepada Townsend. Oleh mantan pemain Tottenham Hotspur ini yang memberi umpan ke tiuang jauh. Bola kemudian disundul Adebayo dan menjebol gawang Man City. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga babak pertama usai.

Man City berupaya mengejar ketertinggalan dengan terus menyerang tuan rumah. Menit ke-53 Kyle Walker berhasil melepaskan umpan ke depan gawang. Sayang tendangan Rodri tidak menemui sasaran.

Pada menit ke-60, Man City kembali melakukan tekanan ke gawang Luton Town. Ruben Dias melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang gagal membuahkan gol karena mengenai mistar gawang.

Dua menit kemudian, upaya Man City menyamakan kedudukan terwujud melalui gol yang dilesakkan Bernardo Silva. Gol berawal dari aksi Rodri yang berupaya menembus pertahanan Luton. Usahanya dijegal Lockyard. tetapi bola masih kepada Silva.  Pemain bernomor punggung 20 ini lalu melepaskan tendangan kaki kiri dan menaklukkan kiper Kaminski.

Man City hanya butuh tiga menit untuk kembali mencetak keunggulan dan berganti unggul. Kali ini gol dilesakkan Jack Grealish. Berawal operan Foden kepada Alvarez yang kemudian menerobos barisan belakang Luton dan mengirim umpan silang ke tiang jauh.

Grealish yang tak terkawal memaksimalkan umpan ini dengan melepaskan tendangan kaki kanan dan memperdaya kiper Kaminski. Skor pun berubah 2-1 untuk tim tamu.

Luton nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-68. Barkley berhasil melewati beberapa pemain belakang Man City lalu melepaskan tendangan. Namun, bola hasil eksekusinya melenceng ke sisi kanan tiang gawang tim tamu.

Man City nyaris menambah keunggulan pada menit ke-79. Foden berhasil merebut bola dari Barkley dan memberikannya kepada Alvarez. Striker asal Argentina ini kemudian melepaskan tendangan. Namun, bola melesat hanya beberapa sentimeter dari mistar.

Skor 2-1 untuk keunggulan Man City bertahan hingga pertandingan usai. Pasukan Pep Guardiola pun memutus catatan empat pertandingan beruntun tanpa kemenangan di Liga Inggris.

Susunan pemain:
Luton Town (3-4-3): Thomas Kaminski; Teden Mengi, Tom Lockyer, Amari’i Bell; Alfie Doughty, Marvelous Nakamba, Ross Barkley, Ryan Giles; Andros Townsend, Elijah Adebayo, Jacob Brown

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Nathan Ake, Ruben Dias, Josko Gvardiol; Rodri, Mateo Kovacic; Jack Grealish, Phil Foden, Bernardo Silva; Erling Haaland.