Terputar

Title

Artist


Pihak berwenang Nikaragua telah melarang Karen Celebretti, direktur Miss Nikaragua pulang ke negaranya

Ditulis oleh pada November 26, 2023

Pihak berwenang Nikaragua telah melarang Karen Celebretti, direktur Miss Nikaragua pulang ke negaranya. Padahal, ia berhasil membawa Miss Nikaragua Sheynnis Palacios memenangi kontes Miss Universe 2023 di El Salvador pekan lalu.

Menurut EFE, Celebretti sempat ditahan bersama putrinya di Bandara Internasional Augusto C Andino Managua dan kemudian dideportasi ke Meksiko, pada Kamis (23/11/2023).

Maskapai penerbangan Meksiko, Aeromexico dilaporkan tidak memberi tahu Celebretti tentang keputusan Pemerintah Nikaragua yang menolaknya masuk sampai ia dan putrinya sudah berada di negara tersebut.

Celebretti adalah finalis Miss Nikaragua pada 1991 dan telah mewakili merek Miss Universe di negaranya sejak 2001. Ini bukan pertama kalinya dia ditahan karena pendirian politiknya.

Pada 16 Maret 2019 , dia ditahan bersama kritikus dan penentang Presiden Nikaragua Daniel Ortega saat mereka menuntut pembebasan tahanan politik di ibu kota .

Wakil Presiden Nikaragua dan istri Daniel Ortega, Rosario Murillo juga mengkritik kemenangan Palacios di ajang Miss Universe. Rosario Murillo menuding kemenangan itu dimanfaatkan Celebritti menjadi alat perlawanan terhadap pemerintah

“Dalam hitungan setelah hari kemenangan (Miss Universe), kita melihat eksploitasi besar-besaran, dan komunikasi teroris yang kasar dan jahat, yang berupaya mengubah momen kebanggaan dan perayaan yang indah dan memang pantas diterima menjadi kudeta yang merusak,”demikian pernyataan mereka.

Sebagai Miss Universe 2023 , Sheynnis Palacios harus menghabiskan satu tahun di New York untuk memenuhi beberapa komitmen sebagai wanita pemenang kontes tercantik di jagad ini . Karena dia terikat langsung dengan Celebretti, tidak diketahui apakah Palacios bisa kembali ke negaranya pada 2025 mendatang.