Terputar

Title

Artist


Pasar smartphone global mulai menunjukkan tanda pemulihan, sekaligus memutus tren negatif yang berlangsung selama 27 bulan

Ditulis oleh pada November 25, 2023

Pasar smartphone global mulai menunjukkan tanda pemulihan, sekaligus memutus tren negatif yang berlangsung selama 27 bulan. Dalam laporan terbaru yang dirilis Counterpoint Research, terlihat adanya pertumbuhan penjualan secara tahunan.

Pada Oktober 2023, penjualan smartphone global meningkat 5% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Meskipun Counterpoint tidak menyebut berapa unit smartphone yang terjual, tetapi  peningkatan ini bisa menandakan adanya pemulihan setelah dua tahuh mengalami kelesuaan akibat dampak pandemi serta kelangkaan cip.Negara-negara berkembang, terutama di Timur Tengah dan Afrika, memimpin pemulihan ini. Tiongkok dan India juga menunjukkan pertumbuhan.

Analisis dari Counterpoint memberikan pujian terhadap kebangkitan Huawei di pasar Tiongkok sebagai salah satu penyebab pemulihan. Di India, penjualan selama liburan Diwali memberikan dorongan signifikan pada penjualan.

Sebaliknya, di negara maju pasar mencapai titik jenuh, sehingga pemulihan penjualan berjalan lebih lambat. Meskipun demikian, peluncuran seri iPhone 14 bersama dengan dampak besar dari seri iPhone 15, terlihat sebagai pendorong utama dalam angka penjualan pada Oktober 2023.Counterpoint memproyeksikan bahwa pasar akan terus pulih secara bertahap pada kuartal IV 2023 dan dalam kuartal-kuartal berikutnya.